Penting Diketahui Cara Mencegah Penyadapan Akun WhatsApp Anda, Berikut Caranya

Penting Diketahui Cara Mencegah Penyadapan Akun WhatsApp Anda, Berikut Caranya

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 00:15
share

JAKARTA, iNewsKendari.id - Penting untuk mengetahui cara mencegah penyadapan akun WhatsApp (WA), mengingat popularitas aplikasi ini sebagai platform percakapan yang paling banyak digunakan, terutama di Indonesia.

Risiko penyadapan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dapat mengakibatkan data dan percakapan rahasia terbongkar. Selain itu, serangan siber seperti peretasan dan pembajakan akun WA juga semakin meningkat.

Walau WhatsApp (WA) telah mengklaim bahwa percakapan pengguna dilindungi dengan enkripsi end-to-end, namun tidak ada jaminan bahwa akun Anda benar-benar aman. Dilansir dari SINDONews pada Rabu (23/5/2023), berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegah penyadapan akun WhatsApp Anda, seperti yang dikutip dari halaman FAQ WhatsApp:

1. Aktifkan Pemindai Sidik Jari

Cara mencegah penyadapan akun WhatsApp adalah dengan mengaktifkan fitur pemindai sidik jari. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan pemindai sidik jari:

- Buka aplikasi WhatsApp dan klik titik tiga di kanan
- Klik Privasi > Klik Kunci Sidik Jari > Akifkan
- Selanjutnya Anda akan diminta untuk merekam sidik jari
- Whatsapp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, bisa setelah 1 menit atau 30 menit.

2. Jaga Kerahasiaan Pin Verifikasi

Menjaga keamanan akun WhatsApp, pin verifikasi menjadi faktor yang sangat penting. Pin atau kode registrasi ini diberikan saat pertama kali membuat akun WhatsApp. Penting untuk memastikan bahwa pin atau kode tersebut tidak diketahui oleh orang lain, karena jika hal tersebut terjadi, akun WhatsApp Anda dapat diretas oleh pihak yang tidak berwenang.

3. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah pada akun WhatsApp. Berikut adalah cara mengaktifkannya:

- Bukan aplikasi WhatsApp dan klik titik tiga di pook kanan atas dan pilih Setelan
- Lalu pilih menu Akun > Verifikasi dua langkah
- Masukkan kode sandi untuk WhatsApp 2SV dan pastikan Anda mengingatnya

4. Logout WhatsApp Web

Langkah terakhir dalam mencegah penyadapan WhatsApp adalah dengan melakukan logout dari WhatsApp Web. Aplikasi WhatsApp Web biasanya digunakan saat bekerja atau belajar menggunakan laptop.

Penggunaan WhatsApp Web dapat memberikan celah bagi penyadapan jika pengguna lupa melakukan logout, terutama jika menggunakan komputer yang dapat diakses oleh orang lain.

Untuk melakukan logout dari WhatsApp Web sebelum mematikan komputer kantor atau laptop, ikuti langkah-langkah berikut ini:

-klik yiga titik di kanan atas > klik WhatsApp Web > pilih logout dari semua perangkat.

Topik Menarik