Amnesty International: Sempat Dikhawatirkan Hilang di Hong Kong, Mahasiswa Uighur Berkabar Selamat

Amnesty International: Sempat Dikhawatirkan Hilang di Hong Kong, Mahasiswa Uighur Berkabar Selamat

Nasional | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 23:30
share

Amnesty International mengatakan telah mendengar kabar dari seorang mahasiswa Uighur yang sebelumnya dikatakan hilang setelah tiba d Hong Kong awal bulan ini.

Organisasi HAM itu mengeluarkan pernyataan pekan lalu yang mengatakan Abuduwaili Abudureheman belum terdengar kabarnya setelah mengunjungi Hong Kong dari Korea Selatan pada 10 Mei untuk mengunjungi seorang temannya. Amnesty mengatakan Abudureheman mengirim SMS kepada seorang temannya, memberitahu bahwa ia diinterogasi oleh polisi China setibanya di Hong Kong.

Amnesty meminta pihak berwenang di Hong Kong untuk mengungkapkan keberadaan Abudureheman, seraya menyatakan khawatir ia telah diekstradisi ke China daratan tanpa proses hukum dan berisiko menghadapi penahanan sewenang-wenang dan penyiksaan.

Organisasi itu, Selasa (30/5) mengeluarkan koreksi terhadap pernyataan awalnya dengan mengatakan bahwa Abudureheman menghubungi mereka dan memberitahu mereka bahwa ia tidak bepergian ke Hong Kong dan bahwa mereka senang karena keberadaannya diketahui.

Topik Menarik