Kenalan Spesifikasi Mobil Formula E Gen 3

Kenalan Spesifikasi Mobil Formula E Gen 3

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 15:18
share

KabarOto.com - Balapan mobil listrik paling bergengsi Formula E akan berlangsung di Jakarta sebanyak dua seri musim ini. Terdapat beberapa regulasi baru, serta hadirnya mobil Gen 3, lalu seperti apa spesifikasinya?

Mobil Gen 3 baru digunakan musim ini, terdapat beberapa perbedaan dimensi. Mobil ini memiliki panjang sekitar 5,1 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,02 meter. Jarak antar sumbu roda sekitar 3,1 meter. Berat minimum mobil ini sekitar 850 kg, artinya mobil Gen 3 lebih kecil dan ringan dibanding Gen 2.

Bodi mobil juga dibuat menggunakan bahan daur ulang dari mobil Gen 2. Bagian sasis dan motor listrik depan disokong oleh Spark Racing Technology, baterai dari Williams Advanced Engineering, dan ban sekarang dipasok oleh Hankook. Sementar setiap tim bisa mengembangkan motor listrik belakang, girbok, suspensi belakang, dan software.

Soal tenaga, mobil ini justru lebih besar saat balapan tenaganya mencapai 402 dk, dan saat kualifikasi 469 dk. Dengan kecepatan maksimal sekitar 320 kpj. Kapasitas baterai mobil Gen 3 sekitar 38,5 kWh, di tempatkan di bagian belakang pengemudi dan kompatibel dengan pengisian cepat hingga 600 kW.

Lalu ada sistem rem regeneratif baik di depan dan belakang, di mana bagian depan bisa menghasilkan sekitar 250 kW, sementara belakang 350 kW. Serta pihak Formula E juga mengklaim kalau 40% kapasitas baterai yang digunakan saat balapan dihasilkan dari rem regeneratif sehingga lebih efisien.

Bagaimana, siap saksikan balapan mobil listrik Gen 3 akhir pekan nanti?

Topik Menarik