Jelang Pemberlakukan Gapeka 2023, Daop 2 Bandung Cek Jalur Kereta

Jelang Pemberlakukan Gapeka 2023, Daop 2 Bandung Cek Jalur Kereta

Travel | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 10:33
share

PURWAKARTA , iNewsPurwakarta . id - PT KAI Daop 2 Bandung akan memberlakukan grapik perjalanan kereta api (Gapeka) 2023, menggantikan 2021 mulai 1 Juni 2023 mendatang.

Menjelang diberlakukannya Gapeka 2023, Tim Insfeksi Daop 2 Bandung melakukan pemeriksaan lintas kereta mulai dari Stasiun Bandung sampai dengan Stasiun Purwakarta, pada Selasa (30/5) kemarin.

Adapun fokus pemeriksaan tersebut meliputi kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya.

Pada kegiatan inspeksi tersebut, jajaran management Daop 2 juga menyampaikan pembinaan kepada seluruh pekerja di lintas agar selalu waspada serta mempersiapkan dengan sebaik mungkin segala aspek terkait operasional KA serta pendukungnya terutama pada saat masa peralihan dari Gapeka 2021 menjadi Gapeka 2023.

Manager Angkutan Penumpang Daop 2 Bandung Moch Aji Dwi Hariyono mengatakan pemberlakuan Gapeka 2023 berdampak pada efisiensi waktu tempuh perjalanan KA, sehingga jadwal keberangkatan dan kedatangan KA juga ikut mengalami perubahan. Perubahan ini yang harus dipersiapkan dan diantisipasi dengan baik oleh seluruh insan KAI Daop 2 Bandung, ungkap Aji.

Pada Gapeka 2023 terdapat efisiensi waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh keberangkatan wilayah Daop 2 Bandung sebesar total 214 menit per hari. Rinciannya, efisiensi 40 menit pada KA Argo, 38 menit pada KA Eksekutif, 74 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan 62 menit pada KA Ekonomi.

Gapeka sendiri merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. Pemberlakuan Gapeka 2023 ini selain berpengaruh pada efisiensi waktu perjalanan KA juga menyebabkan perubahan jadwal keberangkatan, stasiun pemberhentian, dan penomoran KA pada sebagian besar KA baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang beroperasi di wilayah Daop 2 Bandung.

Dengan adanya perubahan jadwal keberangkatan KA sesuai Gapeka 2023, kami mengimbau para pelanggan agar memperhatikan dan memastikan kembali jadwal perjalanan KA pada saat akan melakukan pemesanan maupun pembelian tiket, jelas Aji.

Sementara itu dengan diberlakukannya Gapeka 2023, akan menyebabkan percepatan waktu tempuh perjalanan KA. Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini tentunya juga sejalan dengan meningkatnya kecepatan KA di berbagai lintas di wilayah operasi Daop 2 Bandung.

Beberapa lintas yang mengalami peningkatan kecepatan perjalanan KA yakni pada lintas, Padalarang - Cicalengka, serta Ciawi - Banjar. Pada kedua lintas tersebut, kecepatan KA bisa mencapai 105 kpj dari yang sebelumnya hanya 90 kpj, jelas Manager Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono.

Maka dari itu, Daop 2 Bandung mengingatkan masyarakat yang berada di sekitar jalur KA untuk lebih waspada dan berhati-hati. Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di jalur KA.

Disamping itu, dengan adanya peningkatan kecepatan KA ini, kewaspadaan masyarakat khususnya saat melintasi perlintasan sebidang harus ditingkatkan.

Kami berharap masyarakat turut berpartisipasi menciptakan keselamatan bersama dan kelancaran perjalanan kereta api. Jika ada yang bermain atau melakukan kegiatan di jalur kereta api, jangan segan-segan untuk memberikan pengertian atau teguran, tutup Mahendro.(*)

Topik Menarik