7 Artis Hollywood yang Alami Gangguan Pendengaran, Stephen Colbert Tuli di Telinga Kanan

7 Artis Hollywood yang Alami Gangguan Pendengaran, Stephen Colbert Tuli di Telinga Kanan

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 05:45
share

JAKARTA Beberapa artis Hollywood mengalami gangguan pendengaran atau tuli. Meski memiliki keterbatasan, mereka telah lama menjadi bagian dari industri hiburan dan memainkan peran penting dalam film dan televisi.

Dari film hingga acara populer, para artis Hollywood itu telah menunjukkan bahwa ada banyak ruang di atas panggung untuk mereka yang mengalami gangguan pendengaran . Mereka tetap bisa berkarya seperti orang lain.

Sementara itu, gangguan pendengaran yang dialami para artis ini disebabkan banyak hal. Salah satunya karena genetik dan penyakit, lantaran mereka terlahir normal dan awalnya bisa mendengar seperti orang lainnya.

Artis Hollywood yang Alami Gangguan Pendengaran

Berikut deretan artis Hollywood yang mengalami gangguan pendengaran dilansir dari WebMd, Rabu (31/5/2023).

1. Huey Lewis Foto/WebMd

Huey Lewis merupakan penyanyi terkenal dengan hit seperti The Power of Love dan Hip to be Square. Pada era 80-an, dia mengalami gangguan pendengaran di telinga kanannya. Lalu di 2018, telinga kirinya juga tiba-tiba tuli.

Dokter kemudian mendiagnosisnya mengidap penyakit meniere. Ini merupakan kondisi gangguan telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan vertigo, dering di telinga (tinitus), dan gangguan pendengaran yang datang dan pergi.

Lewis mungkin tidak akan pernah bernyanyi lagi, karena dia kesulitan menemukan nada atau mendengar nada. Namun, dengan bantuan alat bantu dengar, dia bisa memahami ucapan.

2. Whoopi Goldberg Foto/WebMd

Aktor pemenang Academy Award ini memakai dua alat bantu dengar. Whoopi Goldberg menyalahkan dirinya sendiri karena selama bertahun-tahun mendengarkan musik dengan keras. Dia kesulitan mengeluarkan suara low-pitch, yang kurang umum daripada gangguan pendengaran pada frekuensi tinggi.

Banyak orang yang tidak dapat mendengar suara frekuensi rendah, seperti suara pria dalam dan vokal seperti "a" dan "e," sehingga merasa seolah-olah mereka berada di bawah air. Namun, Goldberg mengikuti percakapan normal tanpa banyak kesulitan.

3. Rob Lowe Foto/WebMd

Bintang TV The West Wing and Parks and Recreation ini mengalami gangguan pendengaran di satu telinga sejak dia masih bayi. Rob Lowe mengatakan penyebab yang paling mungkin adalah gondongan yang tidak terdiagnosa, infeksi virus yang dalam kasus yang jarang terjadi dapat menyebabkan masalah pendengaran.

Lowe mengatakan dia jarang memikirkan kekurangan yang dimilikinya. Satu-satunya penyesalan dia tidak dapat mendengar dalam stereo, yang terdengar lebih kaya dan lebih penuh dan yang membantu menemukan arah suara.

4. Halle Berry Foto/WebMd

Selama awal 1990-an, pacar Halle Berry memukulnya dengan sangat keras sehingga menusuk gendang telinga kirinya. Dia kehilangan 80 persen pendengaran di sisi itu.Berry, satu-satunya orang Afrika-Amerika yang memenangkan Oscar untuk aktris utama terbaik, tumbuh dengan menyaksikan ibunya dipukuli. Kini Berry secara aktif mendukung kelompok pencegahan dan intervensi kekerasan dalam rumah tangga.

5. Stephen Colbert Foto/WebMd

Pembawa acara The Late Show ini tuli di telinga kanannya. Stephen Colbert mengatakan ahli bedah mencoba mengangkat tumor ketika dia masih kecil.

Colbert pernah bercita-cita untuk berkarier di kelautan. Tetapi kerusakan pada telinga membuatnya tidak bisa menyelam karena dia tidak akan bisa menyamakan tekanan di telinganya di bawah air.

6. Will.i.am Foto/WebMd

Artis pemenang Grammy Award ini hidup selama bertahun-tahun dengan tinitus, yang menyebabkan bunyi bip atau dering terus-menerus di telinga. Will.i.am mengatakan penyebabnya adalah musik keras bertahun-tahun.

Setelah menguji telinganya, dokter Will.i.am memberi tahu artis itu bahwa pendengarannya lebih mirip dengan seseorang yang jauh lebih tua.

7. Millie Bobby Brown Foto/WebMd

Aktor remaja Inggris ini menjadi terkenal sebagai Eleven dalam Stranger Things di Netflix. Brown lahir dengan tuli parsial di satu telinga.

Tapi dia akhirnya kehilangan pendengaran di telinga itu sepenuhnya. Ketika dia merekam sebuah adegan, Brown terkadang melewatkan isyarat sutradara kecuali itu keras. Dia baru-baru ini mulai bernyanyi dan juga berakting.

(dra)

Topik Menarik