Biar Tak Mogok di Jalan, Simak Aturan Ganti Busi Sepeda Motor

Biar Tak Mogok di Jalan, Simak Aturan Ganti Busi Sepeda Motor

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 21:37
share

CILEGON, iNewsCilegon.id - Busi pada motor memiliki peran penting dalam kinerja mesin, salah satu proses langkah tenaga memerlukan percikan api untuk membakar campuran udara dan bensin di ruang pembakaran.

Busi yang baik akan menghasilkan percikan listrik yang kuat dan konsisten, memastikan pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang sempurna.

Sedangkan busi yang buruk atau sudah aus akan mengakibatkan pembakaran yang tidak efisien, yang pada gilirannya akan menurunkan performa mesin dan efisiensi bahan bakar.

Memiliki peranan yang sangat krusial maka dari itu busi menjadi komponen yang harus diperhatikan pada motor.

Apalagi busi juga memiliki masa usia pakai yang harus diganti secara berkala.

Pada dasarnya busi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu busi nikel, busi logam mulia tunggal, dan busi logam mulia ganda.

Di Antara ketiganya, busi logam mulia ganda memiliki usia pakai yang lebih lama yaitu hingga 48.000 Km pada sepeda motor.

Menurut NGK busi periode penggantian busi juga dapat dilihat berdasarkan 3 cara yaitu: berdasarkan rumus (2 kali ganti oli, 1 kali ganti busi), berdasarkan jarak tempuh, dan berdasarkan tingkat pengikisan busi.

Jika anda sudah mengalami salah satunya lebih baik untuk segera mengganti busi agar performa dan kinerja sepeda motor kembali baik, serta menghindari mogok di jalan.

Topik Menarik