18 Relawan Donor Darah Banjarnegara Terima Penghargaan Gubernur

18 Relawan Donor Darah Banjarnegara Terima Penghargaan Gubernur

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 20:19
share

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id -sedikitnya 18 relawan donor darah Kabupaten Banjarnegara menerima penghargaan dari gubernur jateng terkait donor darah sebanyak 50 dan 75 kali.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Amalia Desiana melalui Sekretaris Titho Agus Wigono mengatakan, tahun ini ada 18 relawan donor darah Banjarnegara yang menerima penghargaan, mereka adalah 17 pendonor yang sudah melakukan donor darah sebanyak 50 kali, dan satu pendonor yang sudah melakukan aksi donor darah sebanyak 75 kali.

Menjadi pendonor darah merupakan panggilan jiwa, tidak semua orang mau dan bersedia melakukan, jadi apresiasi tinggi kami sampaikan kepada pahlawan kemanusiaan dari Banjarnegara, ujarnya.

Menurutnya, dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah, PMI Banjarnegara terus melakukan pendekatan-pendekatan, termasuk menggencarkan sosialisasi pada kelompok-kelompok donor yang ada dan tersebar di berbagai wilayah.

Sosialisasi secara masiv dengan metode tatap muka, media sosial dan dunia maya serta berbagai event terus kami galakkan agar mampu merangkul masyarakat untuk bergabung menjadi relawan donor darah, katanya.

Pihaknya menambahkan, dengan sinergitas serta gotong royong yang kuat antara masyarakat dan PMI diharapkan dapat menopang kebutuhan darah di beberapa rumah sakit yang ada di Banjarnegara.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan apresiasi terhadap para relawan donor darah aktif yang sudah melakukan aksi donor darah secara rutin. Aksi ini juga mendapatkan apresiasi dari gubernur Jateng pada para relawan yang dengan ikhlas mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.

Terimakasih pada para relawan donor darah, dan kami sangat mengapresiasi orang-orang yang sudah menjadikan donor darah ini sebagai gaya hidup, apalagi mereka melakukan aksi ini sudah lebih dari 50 kali, ini sangat luar biasa, kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Menurutnya, penghargaan ini sengaja diberikan pada mereka yang telah aktif dalam berkegitaan sosial khususnya donor darah, dan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pada para relawan kemanusiaan.

Ada spirit kemanusiaan yang dimunculkan, ada keikhlasan yang ditunjukkan dan tentu saja ini menginspirasi yang lain, karena setetes darah adalah kehidupan untuk yang lain, katanya.

Dia juga berharap aksi kemanusiaan tersebut dapat terus dan tidak pernah berhenti, sebab berkat donor darah tersebut, banyak orang tertolong.
Tahun ini, penerima penghargaan donor darah sukarela se Provinsi Jawa Tengah tercatat 1.033 orang untuk kategori donor darah lebih dari 50 kali dan sukarelawan donor darah lebih dari 75 kali, ada sekitar 374 orang.

Topik Menarik