Camat Tallo Alamsyah Minta Warga Memelihara Sarana Air Bersih Jenne Tallasa

Camat Tallo Alamsyah Minta Warga Memelihara Sarana Air Bersih Jenne Tallasa

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 14:13
share

ABATANEWS, MAKASSAR Camat Tallo Sahabuddin meminta warga agar menjaga dan memelihara bantuan sarana air bersih Makassar Jenne Tallasa. Bantuan itu, berasal dari kolaborasi Celebes Green Project, Terra Water Indonesia dan yayasan Kopermik yang terhubung dalam Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

Hal itu ia sampaikan saat memantau pemamfaatan bantuan sarana air bersih program Makassar Jenne Tallasa. Lokasinya, bertempat di Kompleks Makam Raja Tallo, Kelurahan Tallo, Kota Makassar.

Alhamdulillah hari ini kita telah mendapat bantuan sarana air bersih, semoga dengan adanya ini dapat membantu kita memenuhi kebutuhan air bersih. Dan ini untuk warga khususnya Warga Kelurahan Tallo, tidak diperjual belikan alias geratis, tutur Alamyah Sahabuddin Selasa (30/5/2023).

Sementara itu, Lurah Tallo Zaenal mewakili warganya menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan sarana air bersih di wilayahnya. Meneurutnya, bantuan tersebut dapat menjadi alternatif bagi warganya dalam pemenuhan air bersih.

Saya mewakili warga menyampaikan rasa terimakasih yang sedalam dalamnya atas bantuan sarana aiir bersih di wilayah kami. Semoga dengan adanya bantuan ini kebutuhan air bersih untuk warga dapat terpenuhi, ujar Zaenal.

Diketahui, program ini dilaksanakan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB). Sarana air bersih di Kelurahan Tallo dikerjakan oleh kolaborasi Celebes green Project, Terra Water Indonesia dan yayasan Kopermik.

Dinamai teknologi penampungan air hujan di bawah tanah (Tame Totto) cara kerjanya menampung air hujan dari atas atap dialirkan ke bak di dalam tanah. Ukurannya, 8 meter kali 14 meter didalamnya ada batu kerikil untuk fitersasi.

Kapasitas penampungan sekitar 45 kubik atau 45 ribu liter air, tehnologi Tame Totto ini dibuat untuk alternatif sumber air jika di musim kemarau. Tapi Tame Totto bukan pengganti sumber air seutuhnya kerana penampungan terbatas dan mengandalkan sumber air dari hujan dan Kelurahan Tallo jadi percontohan tehnologi ini.

Topik Menarik