Waspada, Minuman Ini Dapat Memperburuk Kesehatan Usus Anda

Waspada, Minuman Ini Dapat Memperburuk Kesehatan Usus Anda

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 12:52
share

Sukoharjonews.com Kesehatan usus Anda sangat penting untuk kesehatan seluruh tubuh Anda, yang berarti penting untuk merawatnya kapan pun Anda bisa. Dalam hal merawat usus Anda, para ahli merekomendasikan makanan tertentu yang dapat memengaruhinya , tetapi mereka juga menyebutkan beberapa minuman terburuk untuk kesehatan usus Anda.


Dikutip dari Eat This Not That, yang dimuat dari beberapa sumber, pada Selasa (30/5/2023), meminum jenis minuman yang salah berpotensi menimbulkan efek merusak pada usus Anda. Minuman ini seringkali mengandung gula yang lebih tinggi, pemanis buatan, terlalu banyak keasaman, atau bahan lain yang dapat mengganggu ketenangan usus dan pencernaan Anda. Berikut beberapa minuman yang dapat merusak usus Anda:

1. Minuman Berenergi
Jika Anda mengambil minuman berenergi itu untuk menghilangkan kepenatan harian Anda, Anda mungkin ingin berpikir lagi. Menurut Lauren Harris-Pincus, MS, RDN , pendiri NutritionStarringYOU.com dan penulis The Protein-Packed Breakfast Club , minuman energi tersebut dengan kafein tinggi dapat menyebabkan gastritis, peradangan, peningkatan motilitas usus, dan diare. Pincus menjelaskan bahwa kelebihan kafein dapat menyebabkan lambung mengeluarkan lebih banyak asam dari biasanya, yang dapat memperburuk gejala refluks. Itu juga dapat menyebabkan kegugupan dan meningkatkan kecemasan yang dapat memperburuk gejala pada orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS).


2. Alkohol
Minum terlalu banyak bir, koktail, atau segelas anggur secara teratur dapat memengaruhi mikrobiota yang menyebabkan ketidakseimbangan bakteri di usus dengan pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat dan tidak sehat. Ketidakseimbangan ini menyebabkan peradangan, jelas Joan Salge Blake, EdD, RDN , seorang profesor nutrisi di Universitas Boston dan pembawa acara podcast nutrisi dan kesehatan yang terkenal, Spot On! Lebih lanjut, Dr. Salge Blake menjelaskan bahwa penyalahgunaan alkohol kronis juga dapat merusak sel-sel yang melapisi usus meningkatkan permeabilitasnya, yang memungkinkan bakteri dan racun yang mereka hasilkan bocor ke aliran darah. Menurut Pedoman Diet 20202025 untuk orang Amerika, minum sedang didefinisikan sebagai maksimal satu gelas per hari untuk wanita dan dua gelas per hari untuk pria. Satu minuman didefinisikan sebagai 12 ons cairan bir, lima ons cairan anggur, dan 1,5 ons cairan minuman keras 80 seperti rum atau vodka.

3. Minuman dengan Pemanis Buatan
Saat Anda mencoba memperhatikan kalori, bukanlah hal yang aneh untuk beralih ke minuman nol kalori yang menggunakan pemanis buatan seperti aspartam dan sukralosa. Sayangnya, bahan-bahan tersebut berpotensi menimbulkan gejala gastrointestinal yang tidak nyaman seperti perut kembung, kembung, dan diare bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan ketidakseimbangan mikrobioma usus. Jika Anda sensitif terhadap pemanis buatan ini, pilihlah air putih atau air soda beraroma yang tidak mengandung pemanis buatan. Anda juga dapat memilih soda probiotik untuk menggantikan minuman diet favorit Anda.


4. Minuman Coklat
Pada beberapa orang, minum minuman coklat dapat menyebabkan refluks asam. Ini adalah saat asam di kerongkongan Anda terbalik, menyebabkan mulas. Jika Anda mengalami refluks asam lebih dari dua kali seminggu, Anda mungkin didiagnosis menderita refluks asam yang lebih parah yang dikenal sebagai penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Gejala GERD lainnya termasuk kesulitan menelan, batuk, memuntahkan makanan atau cairan asam ke dalam mulut, mengi, dan nyeri dada terutama saat Anda berbaring setelah makan. Menurut situs web Academy of Nutrition & Dietetics , GERD dapat diperburuk pada beberapa orang dengan makanan tertentu, termasuk cokelat, dan dapat memicu kekambuhan. Jika minuman cokelat memperburuk refluks asam atau GERD Anda, Anda mungkin ingin menghindarinya.


5. Minuman Bersoda
Pada orang dengan IBS atau IBD, minum banyak gula rafinasi, seperti soda, dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena gula mungkin tidak terserap dengan baik ke dalam usus Anda. Hal ini menyebabkan air ditarik ke dalam saluran pencernaan dan ke dalam usus untuk mengencerkan dan membuang kelebihan gula, yang dapat menyebabkan tinja dan diare. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi gula yang lebih tinggi dapat mengubah mikrobioma usus secara negatif, membuatnya tidak seimbang dan rusak, yang dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.


6. Kopi
Minuman berkafein seperti kopi adalah stimulan yang meningkatkan motilitas usus, yang berarti minuman ini dapat mempercepat saluran pencernaan Anda. Efek stimulan ini dapat memicu mencret atau diare , yang pada gilirannya dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kafein adalah diuretik ringan, yang berarti Anda juga akan berlari ke kamar kecil untuk buang air kecil. Selanjutnya, kafein dapat meningkatkan kecemasan dan stres, ditambah membuat lebih sulit untuk tidur nyenyak dan memperburuk gejala pada orang yang memiliki sindrom iritasi usus besar (IBS) atau penyakit radang usus (IBD). FDA merekomendasikan maksimal 400 miligram kafein setiap hari (sekitar 3 cangkir) . Namun, kafein memengaruhi setiap orang secara berbeda, dan beberapa orang mungkin memetabolisme lebih cepat daripada yang lain. Jika Anda minum lebih sedikit kopi per hari atau beralih ke kopi tanpa kafein, itu dapat membantu meringankan beberapa gejala. Meskipun minum kopi dalam jumlah sedang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, minum terlalu banyak dapat menyebabkan masalah usus ini. (cita septa)


Topik Menarik