Nigeria Lantik Presiden Baru

Nigeria Lantik Presiden Baru

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 10:34
share

Bola Tinubu dilantik menjadi presiden Nigeria pada Senin (29/5), di kala negara terpadat di benua Afrika itu tengah menghadapi berbagai tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tinubu memikul harapan sebagian warga yang menginginkan kehidupan yang lebih baik, dan sebagian lain yang skeptis pemerintahannya dapat berkinerja lebih baik dari pemerintahan sebelumnya.

Ribuan warga Nigeria dan sejumlah kepala negara menghadiri upacara pelantikan presiden di Ibu Kota Abuja. Ia menggantikan Presiden Muhammadu Buhari untuk memimpin negara yang pada tahun 2050 diperkirakan akan menjadi negara terpadat ketiga di dunia, bersama Amerika Serikat, di bawah India dan China.

Tinubu, mantan gubernur Lagos, negara bagian yang menjadi pusat perekonomian Nigeria, berjanji akan meneruskan upaya Buhari untuk memberikan keuntungan demokrasi kepada warga Nigeria, di mana krisis keamanan yang mematikan, kemiskinan yang merajalela dan kelaparan telah membuat banyak orang frustrasi dan marah.


Presiden Nigeria Bola Tinubu ketika dilantik di Eagle Square in Abuja, Nigeria, 29 Mei, 2023. (Foto: AFP)

Janji Tinubu tentang harapan yang diperbarui memprioritaskan penciptaan lapangan kerja yang memadai dan peningkatan produksi pasokan dalam negeri, investasi industri pertanian dan infrastruktur publik, pemberian kesempatan ekonomi bagi warga termiskin dan paling rentan, serta menciptakan arsitektur keamanan nasional yang lebih baik untuk mengatasi segala bentuk ketidakamanan.

Ayodele Adewale, anggota komite partai Kongres Seluruh Rakyat pimpinan Tinubu, mengatakan kepada Associated Press bahwa isu keamanan merupakan isu terpenting bagi pemerintahan yang baru.

Tanpa keamanan, segala sesuatu tidak bisa berjalan lancar, ungkapnya. Keamanan adalah semboyan pertama atau andalan pemerintahan mana pun.

Topik Menarik