Ekspor Perdana Tomat ke Timor Leste dari Belu NTT

Ekspor Perdana Tomat ke Timor Leste dari Belu NTT

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 09:43
share

"Ekspor tomat sebanyak 10 ton ini merupakan ekspor perdana setelah hasil produksi para petani kali ini yang cukup melimpah," kata Kepala Kantor Bea Cukai Atambua I Made di Kupang, Senin (29/5/2023) dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan ekspor dilakukan perusahaan umum daerah (Perumda) Belu Bhakti, milik Pemerintah Kabupaten Belu, yang dilakukan melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota\'ain.

Made Aryana menjelaskan, ekspor komoditashortikultura yang direalisasikan untuk pertama kali ini merupakan bagian dari hasil asistensi Kantor Bea Cukai kepada Perumda Belu Bhakti.

Kegiatan asistensi ini, kata dia, difokuskan mendorong produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya hortikultura yang potensi produksinya besar untuk diekspor.

"Jadi sasarannya kepada petani tomat yang ada di wilayah Lamaknen Belu yang kita bina untuk menyiapkan produk mereka hingga sesuai standar untuk diekspor," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga memberikan asistensi kepada pemda selaku eksportir untuk bagaimana menyiapkan dokumen perizinan yang dibutuhkan.

Made Aryana mengatakan, ekspor yang dilakukan Perumda Belu Bhakti ini dilakukan setelah sebelumnya juga berhasil melakukan ekspor peralatan pertanian ke Timor Leste.

Ia menambahkan, melalui kegiatan asistensi, pihaknya terus mendorong agar ke depan semakin banyak produk UMKM yang potensial di NTT dapat diekspor.

"Kami siap memberikan dukungan dan pembinaan terkait bagaimana menyiapkan produk yang sesuai untuk ekspor serta kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan," katanya.

Topik Menarik