Viral! Desa di Pulau Ini Tanpa Daratan, Ada Parkiran Perahu di Masjid

Viral! Desa di Pulau Ini Tanpa Daratan, Ada Parkiran Perahu di Masjid

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 06:32
share

VIDEO VIRAL, iNewsSidoarjo.id- Viral sebuah video memperlihatkan desa tanpa daratan di Indonesia. Tepatnya berada di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Lis, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Melangsir dari okezone.com, desa yang memiliki luas ratusan hektare ini diisi rumah-rumah panggung di atas sungai dan rawa-rawa.

Pemandangan eksotis pun tersaji jika berkunjung ke sana. Seperti perkampungan pada umumnya, Muara Enggelam juga memiliki gapura di atas air sebagai penanda telah memasuki desa tersebut.

Layanan publik juga tersedia di desa ini, mulai masjid-mesjid terapung hingga lahan parkir sampan-sampan sebagai mode transportasi utama yang digunakan.

Meski tidak memiliki daratan, penduduk di sana tetap menjalankan aktivitas seperti masyarakat pada umumnya. Video viral yang diunggah ulang oleh akun Instagram @kisahsemangat ini pun memberikan ragam informasi terbaru bagi wawasan dan pariwisata potensial di Tanah Air.

Bahkan, ada warganet yang berkomentar bahwa ada desa selain Muara Enggelam yang juga memiliki daya tarik sebagai desa terapung di Kalimantan.

Di Kutai Timur pun banyak desa seperti itu, misalnya di daerah Sangkulirang, beber salah seorang warganet.

Wallahu a\'lam bisshawab.

Topik Menarik