Viral Pelayanan Rumah Sakit Malaysia Disebut Lebih Bagus, Ini Tanggapan Kemenkes RI

Viral Pelayanan Rumah Sakit Malaysia Disebut Lebih Bagus, Ini Tanggapan Kemenkes RI

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 18:10
share

KINI viral seorang pengguna Twitter asal Medan, Sumatera Utara bernama Sarah mengungkapkan rasa puas saat berobat ke Malaysia.

Melalui unggahan thread di akun Twitternya, pengguna Twitter itu membandingkan pengobatan di negara tetangga itu dengan Indonesia.

RS di Malaysia

Menanggapi hal tersebut, pihak Kementerian Kesehatan RI lantas buka suara.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmizi memastikan bahwa Indonesia akan berbenah dalam hal pelayanan kesehatan dengan hadirnya RUU Kesehatan.

Mengingat, Kemenkes sendiri mencatat bahwa masyarakat Indonesia setidaknya telah menghabiskan total biaya sekitar Rp160 Triliun untuk berobat ke luar negeri.

Kita ketahui ada perhitungan perkiraan 160 T biaya yang dikeluarkan masyarakat Indonesia untuk kesehatan di luar negeri. Nah, tentunya alasan pengobatan ini banyak mungkin seperti disebutkan netizen, ujar dr.Siti Nadia, kepada MNC Portal, Senin, (29/5/2023).

Oleh karena itu, melalui RUU kesehatan Kemenkes akan melakukan transformasi kesehatan di bidang pelayanan kesehatan dan juga pemenuhan SDM kesehatan, lanjutnya.

dr.Siti Nadia juga menyebut, sejauh ini beberapa rumah sakit di Indonesia juga telah bekerjasama dengan beberapa klinik ternama di luar negeri untuk memperkuat layanan pengobatan sekunder.

Kerjasama yang dilakukan itu juga bertujuan untuk mempermudah dalam hal penambahan SDM serta kompetensi para tenaga kerja kesehatan di rumah sakit yang ada di Indonesia.

Sehingga, langkah-langkah tersebut diharapkan bisa membuat masyarakat Indonesia tidak perlu lagi jauh-jauh untuk berobat ke luar negeri.

Adanya kerja sama dengan klinik dari luar negeri yang memiliki reputasi seperti Mayo Clinic, Klinik Jantung dan DM yang kemarin sudah ditanda tangani kerjasma antar rumah sakit merupakan upaya penguatan layanan sekunder, terangnya.

Viral Wanita Donorkan Ginjal Untuk Kekasih Berujung Diselingkuhi, Masih Bisa Hidup Normal?

Sehingga masyarakat tidak perlu berobat ke luar negeri, kemudahan penambahan nakes juga dalam kerjasma termasuk pengembangan SDM dan kompetensi nakes ini yang bisa kita dapatkan dengan kerja sama tadi, sambungnya.

Viral, Wanita Medan Bandingkan Pelayanan Rumah Sakit di Malaysia dengan Indonesia!

Sebelumnya, viral di media sosial terkait curhat seorang pengguna Twitter bernama Sarah yang membandingkan pengobatan di negara Malaysia dengan Indonesia.

Dalam thread yang ia tulis, Sarah mengungkapkan alasan mengapa warga Medan seperti dirinya banyak yang kerap memilih berobat ke Malaysia dibanding di Indonesia.

Salah satunya yakni karena dari segi pelayanannya yang dinilai lebih cepat dan tanggap.

Orang medan, sakit perut dikit aja ke penang. tentu. selain tiket pesawat yg cukup murcek, service rumah sakit di penang satset banget, ujar Sarah, melalui akun Twitternya, @sarahokeh.

Topik Menarik