Ribuan Orang Berunjuk Rasa Mendukung Mahkamah Agung Meksiko yang Bersitegang dengan Pemerintah

Ribuan Orang Berunjuk Rasa Mendukung Mahkamah Agung Meksiko yang Bersitegang dengan Pemerintah

Nasional | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 13:43
share

Ribuan pengunjuk rasa berpawai di ibu kota Meksiko pada Minggu (28/5) untuk mendukung Mahkamah Agung (MA) Meksiko.

Beberapa minggu terakhir, MA menjadi sasaran protes dan kritik tajam setelah membatalkan tiga peraturan yang didukung oleh Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, sehingga meningkatkan ketegangan di antara cabang eksekutif dan yudikatif negara itu.

Lopez Obrador bersikap keras terhadap MA setelah pengadilan tertinggi negara itu menyatakan bahwa reformasi penyerahan kendali Garda Nasional ke tangan Kementerian Pertahanan Nasional (Sedena) April lalu tidak konstitusional. Pembatalan kebijakan itu menjadi sebuah kemunduran bagi sang presiden, yang mendasarkan kebijakan keamanannya pada penggunaan kekuatan militer dalam tugas-tugas keamanan masyarakat.

Kritik meningkat setelah MA menyatakan reformasi pemilu yang kontroversial, yang Desember lalu telah disetujui mayoritas partai penguasa di Kongres, tidak konstitusional pada awal Mei. Reformasi itu memungkinkan pejabat publik menyatakan opini politiknya tanpa ancaman sanksi karena terlibat dalam propaganda politik, seperti yang baru-baru ini diberlakukan.

Topik Menarik