Mengenal Pemilik Toko Ritel MR DIY, Ternyata Kakak-Adik Asal Malaysia

Mengenal Pemilik Toko Ritel MR DIY, Ternyata Kakak-Adik Asal Malaysia

Seleb | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 10:00
share

JAKARTA, iNewsMedan.id - Siapa sangka, pemilik toko ritel MR DIY ternyata kakak-adik asal Malaysia. Mereka berhasil mengembangkan bisnisnya hingga ke mancanegara.

Jumlah toko MR DIY tercatat sudah melampaui 2.300 toko di dunia, dengan lebih dari 18.000 jenis produk. Dari satu toko, kini berkembang menjadi toko perlengkapan rumah terbesar Malaysia. MR DIY juga hadir di Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Kamboja, India, Spanyol, dan Turki.

Kisah Sukses Pemilik MR DIY

Melihat popularitas dan kesuksesannya di sejumlah negara, siapa pemilik dan bagaimana kisah pemilik MR DIY?

Dikutip dari sejumlah sumber, MR DIY dimiliki oleh dua bersaudara bernama Tan Yu Yeh dan Tan Yu Wei. Tan Yu Yeh saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Non-Independen dan Wakil Ketua Eksekutif MR DIY.

Tan Yu Yeh merupakan lulusan dari Universitas Malaya dengan gelar Sarjana Sains dalam Fisika pada 1996. Adiknya, Tan Yu Wei, adalah lulusan manajemen di Universiti Sains Malaysia pada 1998.

Sebelum terjun ke bisnis toko perkakas rumah tangga, Tan Yu Yeh pernah menjajaki karier sebagai teknisi. Dia bahkan pernah menjadi seorang agen pialang saham. Sementara Tan Yu Wei baru bergabung ke tim MR DIY pada 2011.

Adapun MR DIY pertama kali didirikan pada Juli 2005. Toko pertamanya terletak di Jalan Tuanku Abdul Rahman yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia.

Setelah mengalami jatuh bangun, kedua bersaudara itu sukses mengembangkan tokonya hingga hadir di berbagai pusat perbelanjaan, di antaranya di AEON, Giant, dan Tesco.

Tidak hanya di Malaysia, MR DIY pada akhirnya berkembang ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Dan tak hanya toko fisik, MR DIY memiliki situs e-commerce sendiri yang diluncurkan pada 2017.

Setahun kemudian, perusahaan meluncurkan lini usaha baru, yaitu MR TOY dan MR DOLLAR. Dalam jangka waktu 4 tahun, MR DIY membuka gerai baru dengan konsep MR DIY Express yang dipromosikan dan diklaim memiliki layanan yang lebih cepat dan lebih mudah diakses.

Pada 2020, MR DIY mencatatkan saham di Bursa Malaysia, dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar 10 miliar ringgit Malaysia. Kemudian pada 2021, MR DIY meluncurkan toko dengan konsep yang lebih luas dan lengkap, dengan nama MR DIY PLUS.

Dengan kesuksesannya di dalam dan luar negeri, MR DIY meraih sejumlah penghargaan, termasuk World Branding Awards dan Frost & Sullivan. Sementara berdasarkan data Forbes, kedua bersaudara ini pada tahun lalu memiliki kekayaan bersih sebesar 2,4 miliar atau setara Rp35,4 triliun.

Itulah kisah sukses pemilik MR DIY, yang merupakan toko ritel asal Malaysia.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Kisah Sukses Pemilik MR DIY Ternyata Kakak-Adik Asal Malaysia

Topik Menarik