Gus Yahya Untuk Calon Jemaah Haji NU DIY: Haji Itu Gak Sulit

Gus Yahya Untuk Calon Jemaah Haji NU DIY: Haji Itu Gak Sulit

Nasional | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 02:23
share

YOGYAKARTA. InewsSleman.Id - Jelang keberangkatan haji 2023, lebih dari 400 warga Nahdlatul Ulama DIY, yang menjadi calon jemaah haji DIY akan diberangkatkan pada 5 Juni 2023 mendatang.

Sebagai bentuk dukungan untuk para calon jemaah tersebut, Dr. (HC) KH. Yahya Cholil Staquf yang akrab disapa Gus Yahya dalam amanahnya berpesan kepada para calon jemaah haji Warga Nahdlatul Ulama DIY yang akan berangkat, agar tidak terlalu khawatir terkait pelaksanaan ibadah tersebut. Khususnya hal yang terkait dengan sistematika pelaksanaan dari serangkaian kegiatan yang menjadi rukun haji seperti thawaf, sai, dan lainnya.

Haji itu gak ada yang sulit. Gampang semua maka ndak perlu susah tidur segala macam jemaah ini. Secara fisik memang berat. Mungkin secara mental juga berat karena kumpul terus menerus dari mulai ngelilir sampai tidur lagi, itu kumpul sama orang yang sama. Ini bukan hal yang mudah secara psikologis. Tapi ibadahnya sendiri gampang. Gampang cuma bikin capek, jelas Gus Yahya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Menurut Gus Yahya, selain menjadi salah satu rukun ibadah haji, serangkaian kegiatan haji akan menjadi momentum menghargai dan menghormati titik tolak dari pembangunan peradaban. Seperti memaknai bukit Shafa dalam kegiatan sai yang menjadi salah satu monumen peradaban.

Nanti jenengan, haji itu nanti disuruh wira wiri dari shafa ke marwah. Kalau kita pikirkan, shafa ini adalah monumen dari awal peradaban. Dari shafa itulah, titik mulai ikhtiar Siti Hajar menemukan sumber energi yang akan kemudian berkembang menjadi peradaban besar, yaitu zam-zam. Maka dalam perjuangan peradaban ini, penting sekali kita ini mengindentifikasi dan kemudian menghormati titik tolak dari pembangunan peradaban itu, terang Gus Yahya.

Adapun jadwal haji 2023 dimulai dari 23 Mei 2023 jemaah haji masuk ke Asrama Haji. 24 Mei-7Juni 2023 jemaah haji gelombang 1 ke Madinah, 2-16 Juni 2023 jemaah haji gelombang 1 dari Madinah ke Makkah. Untuk jemaah haji gelombang 2 ke Jeddah pada tanggal 8-22 Juni 2023. Sementara batas akhir kedatangan jemaah haji pada 22 Juni 2023.

Topik Menarik