5 Makanan Paling Lezat saat Ibadah Haji, Nomor 3 Mandhi

5 Makanan Paling Lezat saat Ibadah Haji, Nomor 3 Mandhi

Travel | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 23:55
share

ARAB SAUDI, celebrities.id - Makanan yang wajib dicoba saat menunaikan ibadah haji di Arab Saudi adalah salah satu momen sakral bagi umat Muslim.

Selain melaksanakan ibadah utama, yaitu melaksanakan tawaf di Kakbah, wukuf di Arafah, dan melempar jumrah, ada pula keistimewaan lain yang dapat dinikmati saat berada di Tanah Suci, yaitu makanan khas Arab yang lezat.

Berikut adalah lima makanan yang wajib dicoba saat menunaikan ibadah haji dilansir dari beragam sumber, Minggu (28/5/2023):

Makanan Khas Arab

1. Kabsah

Kabsah atau Makbus adalah hidangan berbahan dasar daging kambing atau ayam yang dimasak dengan rempah-rempah khas Timur Tengah, seperti kapulaga, kayu manis, jintan, dan lada. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya dan harum.

Kabsah biasanya disajikan dengan nasi yang diberi hiasan kismis, kacang almond, serta irisan wortel dan kacang polong.
Rasanya yang enak dan menggugah selera membuat kabsah menjadi salah satu makanan favorit bagi jamaah haji.

2. Mutabbaq

Mutabbaq adalah jenis pastri yang diisi dengan daging, keju, atau sayuran. Pastri ini biasanya digoreng hingga kecokelatan dan memiliki rasa gurih yang lezat.

Salah satu jenis street food yang sebenarnya tak hanya bisa ditemukan di Saudi Arabia tetapi di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia.

Mutabbaq dapat menjadi camilan yang nikmat saat perjalanan atau sebagai hidangan pembuka sebelum makan utama.

3. Mandhi

Mandhi merupakan hidangan daging disajikan dengan nasi yang direbus dalam kaldu kaya rempah.

Daging yang digunakan biasanya adalah daging kambing, dan rempah-rempah yang memberikan cita rasa khasnya terdiri dari kunyit, kayu manis, cengkeh, dan lada.

Hidangan ini memiliki tekstur daging yang lembut dan aroma rempah yang memikat.

4. Um Ali

Um Ali adalah sejenis puding tradisional Arab yang terbuat dari roti, susu, krim, kacang, dan kismis. Hidangan ini memiliki rasa manis yang lezat dan sering dihidangkan sebagai hidangan penutup.

Um Ali sangat populer di Timur Tengah dan menjadi makanan penutup yang sempurna setelah menikmati hidangan utama.

5. Harees

Harees merupakan hidangan bubur gandum yang diolah dengan cara dikukus bersama daging domba atau ayam.

Bubur ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang gurih. Harees sering disajikan pada bulan Ramadan dan juga menjadi hidangan yang populer saat pelaksanaan ibadah haji.

Topik Menarik