Bimtek Kehumasan dan Pemanfaatan Medsos, Tingkatkan SDM PPK

Bimtek Kehumasan dan Pemanfaatan Medsos, Tingkatkan SDM PPK

Nasional | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 08:45
share

TUBAN, iNewsTuban.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait kehumasan dan optimalisasi pemanfaatan Media Sosial (Medsos) dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kegiatan bimtek yang diikuti seluruh anggota PPK dan staf pendukung tersebut digelar di Aula Kantor KPU setempat, pada Kamis (25/5/2023). Dalam bimtek ini KPU menghadirkan dua nara sumber yang berkompeten pada bidangnya, yakni Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban, Suwandi dan Ketua Ronggolawe Press Solidarity (RPS), Khoirul Huda.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan menjelaskan, bimtek ini digelar untuk meningkatkan SDM para anggota PPK agar maksimal mengelola sebuah informasi yang ada di wilayahnya. Bila informasi berupa kegiatan tersebut tersusun seperti berita pad umumnya, baru kemudian dikirim ke admin pengelola website KPU. Melalui cara seperti ini maka pengelolaan website milik KPU bisa maksimal dan seperti portal berita pada umumnya.

Bimtek ini penting karena bisa membekali anggota PPK dan stafnya untuk menyusun sebuah berita sesuai etik jurnalistik. Selain itu, juga bisa mengelola media sosial milik PPK di masing-masing kecamatan, ungkapnya.

Bimtek tersebut sangat penting bagi PPK maupun KPU Tuban. Sebab, kedepan KPU berkeinginan agar websitenya menjadi lebih aktif dan tertata seperti media mainstream. Selain itu, website KPU bisa menjadi rujukan atau sumber informasi untuk masyarakat Tuban.

Setelah bimtek ini, setiap PPK di masing-masing kecamatan harus terus membuat informasi yang dikemas dalam berita. Kemudian, disetor ke admin KPU lalu diterbitkan di website resmi kami, paparnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tuban, Suwandi yang didapuk sebagai nara sumber menyampaikan, secara keseluruhan pengelolaan website KPU sudah bagus. Akan tetapi, masih perlu ada perbaikan-perbaikan terutama dalam penulisan sebuah berita.

Setiap berita yang diterbitkan di website KPU sebaiknya harus ditulis secara jelas dan gamblang. Tujuannya, agar pembaca atau masyarakat bisa memahami isi berita yang telah dipublish.

Tentu bimtek ini sangat bagus, karena sebagai bekal dalam mengelola website yang semakin profesional, pungkas Wandi.

Diketahui, dalam bimtek ini Ketua PWI Kabupaten Tuban memaparkan pengelolaan tentang website. Selanjutnya, memberikan pembekalan kepada PPK dan staf tentang materi Tekni Menulis Berita dan menyusun naskah berita yang sesuai kaidah jurnalistik.

Topik Menarik