Penyebab Umum Sakit Mata yang Sering Dialami Manusia

Penyebab Umum Sakit Mata yang Sering Dialami Manusia

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 20:24
share

KEDIRI, iNewsKediri - Penting untuk diketahui dan dipahami karena masalah kesehatan terkait mata seperti halnya mata merah, bisa jadi tanda atau mengindikasikan adanya beberapa masalah kesehatan yang berbeda.

Penting untuk diingat, meski memang sebagian masalah mata merah tidaklah berbahaya. Tapi sebagian kasus mata merah, perlu pengobatan medis yang cepat dan tepat.

Masalah mata yang paling serius terjadi ketika mengalami kemerahan bersamaan dengan rasa sakit atau perubahan pada daya kemampuan penglihatan. Meski kemerahan yang terjadi pun hanya sebelah, tapi bukan berarti diabaikan penyebabnya. Kemudian apa saja penyebab sakit mata merah sebelah? Berikut ulasan singkat delapan penyebabnya, sebagaimana dilansir dariHealthline,Jumat (28/4/2023) yang sudah ditinjau secara medis oleh Leela Raju, MD.

1. Alergi: Alergi yang dialami bisa berefek pada mata, menyebabkannya menjadi merah dan bengkak. Saat alergi terjadi, mata yang merah tersebut biasanya dibarengi dengan rasa gatal, sensasi terbakar, dan gejala alergi lainnya, seperti bersin dan hidung meler yang terasa gatal.

2. Mata kering: Ya, sakit mata merah sebelah juga bisa disebabkan karena kondisi mata yang terlalu kering alias minim produksi air matanya. Air mata dibuat oleh kelenjar kecil di atas mata dan bekerja untuk membantu melindungi dan melumasi mata. Mata jadi kering ketika mata Anda tidak menghasilkan cukup air mata.

3. Konjungtivitis: Kondisi yang terjadi ketika selaput yang menutupi bagian dalam kelopak mata dan bagian putih mata (konjungtiva) sedang meradang. Peradangan inilah yang bikin bagian putih mata jadi berwarna pink atau merah.

Topik Menarik