Prediksi 7 Pemain Timnas Indonesia U-20 untuk SEA Games 2023, Tak Ada Marselino Ferdinan

Prediksi 7 Pemain Timnas Indonesia U-20 untuk SEA Games 2023, Tak Ada Marselino Ferdinan

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 13:24
share

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memastikan akan memanggil 7 pemain dari Timnas Indonesia U-20 untuk ajang SEA Games 2023. Sayang, kemungkinan wonderkid Timnas Indonesia U-20 Marselino Ferdinan juga tak bisa bergabung.

Pasalnya, klub Marselino KMSK Deinze masih memiliki jadwal tanding hingga 14 Mei, Sementara ajang SEA Games 2023 telah dimulai pada 5 Mei. Sudah begitu, ajang cabor sepak bola SEA Games juga tidak masuk agenda FIFA yang membuat Marselino sulit untuk mendapat izin

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 batal tampil di Piala Dunia U-20 2023 Mei mendatang. Oleh sebab itu, dipastikan bahwa beberapa Skuad Garuda Muda potensial tersedia untuk mengikuti SEA Games 2023.

Hokky Caraka Bintang Brilliant tak berkutik di lini depan Timnas Indonesia U-20 pada laga kontra Timnas Irak U-20 (Foto: AFC)

Indra Sjafri mengonfirmasi dirinya hanya akan memanggil 7 pemain dari Timnas Indonesia U-20. Indra Sjafri membocorkan bahwa 7 pemain yang akan dipanggil itu merupakan pemain inti di Skuad Garuda Muda.

Sportstars.id coba memprediksi 7 pemain yang akan dibawa Indra Sjafri ke ajang SEA Games 2023:

1. Muhammad Ferarri
Nama kapten Timnas Indonesia U-20 Muhammad Ferarri terdepan sebagai salah satu pemain yang kemungkinan dibawa Indra Sjafri ke ajang SEA Games 2023.

Ferarri tak tergantikan di benteng pertahanan Timnas Indonesia U-20. Pengalamannya di kompetisi Liga 1 2022-2023 menjadikan Ferarri sebagai kandidat kuat peraih gelar pemain muda terbaik Liga 1 musim ini.

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll pun tak segan selalu memberikan tempat utama kepada Ferarri sepanjang Liga 1 2022-2023.

2. Kakang Rudianto
Kakang Rudianto juga memiliki peran krusial di Timnas Indonesia U-20. Sangat jarang pelatih Shin Tae-yong tak menyertakannya dalam startin line-up selain mengalami cedera.

Kakang merupakan tipikal pemain bertahan yang serbabisa. Ia bisa dimainkan sebagai bek sayap kanan maupun bek tengah. Pada ajang Piala Asia U-20 beberapa waktu lalu, Kakang menjadi bek yang berhasil menyelamatkan skuad Garuda Muda dari kekalahan telak.

Pada laga pembuka, Irak U-20 menggempur pertahanan Timnas Indonesia U-20 dengan 16 kali tembakan, delapan di antaranya mengarah ke gawang. Di tengah serangan tujuh hari tujuh malam itu, Kakang mati-matian menjaga pertahanan.

3. Hokky Caraka
Hokky Caraka sempat jarang tampil di turnamen mini jelang Piala Asia U-20. Pada laga kontra Fiji U-20, Hokky turun dari bangku cadangan, kemudian diganjar kartu merah. Namun begitu, Hokky sempat mencetak satu gol ke gawang Fiji U-20.

Akan tetapi, striker PSS Sleman itu pun menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-20 yang mencetak gol di Piala Asia U-20 lalu. Golnya tercipta ke gawang Suriah U-20 pada menit 34. Tembakan keras kaki kirinya tidak mampu dihalau kiper Suriah U-20, Maksim Sarraf.

Selain mencetak gol, Hokky juga kerap turun membantu pertahanan. Sementara ketika melakukan transisi, Hokky kerap bergerak melebar ke sisi sayap guna mengacak-acak pertahanan lawan.

4. Robi Darwis
Robi Darwis menjadi tumpuan Shin Tae-yong di pos gelandang bertahan Timnas Indonesia U-20. Statistiknya pun menunjukkan bahwa Robi merupakan pemain Timnas Indonesia U-20 yang menjadi poros permainan Timnas Indonesia U-20.

Robi Darwis dimainkan sebagai bek tengah oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19 (Foto: Instagram/@pssi)

Berdasarkan statistik Lapang Bola, Robi menjadi pemain dengan statistik paling disorot dalam dua laga beruntun Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023. Pada laga kontra Suriah U-20, wonderkid Persib Bandung itu mencatat intersep dan sapuan terbanyak.

Robi melakukan sembilan intercept dan empat clearance. Robi kembali menjadi pemain paling mencolok di laga kontra Uzbekistan U-20. Masih berdasarkan statistik Lapang Bola, Robi berhasil melancarkan tiga buah tekel sukses.

5. Arkhan Fikri
Arkhan Fikri merupakan sosok yang didapuk sebagai wakil kapten Timnas Indonesia U-20 setelah Muhammad Ferarri. Arkhan juga menjadi motor serangan Garuda Muda menggantikan peran Marselino Ferdinan yang dibantu oleh Zanadin Faris.

Gelandang milik Arema FC tampil penuh percaya diri selama Piala Asia U-20 2023. Pergerakan Arkhan kerap merepotkan penjagaan lawan untuk melepaskan umpan kunci ke lini depan serta dalam menjaga kedalaman lini tengah Timnas Indonesia U-20.

6. Dony Tri Pamungkas
Nama Dony Tri Pamungkas memang tak setenar Pratama Arhan di Timnas Indonesia. Namun peran penting wonderkid Persija Jakarta tersebut di sisi kiri Timnas Indonesia U-20 layak mendapat apresiasi.

TASHKENT - Pemain Timnas Indonesia U-20 Dony Tri Pamungkas beraksi membawa bola dengan kawalan pemain timnas Irak U-20Harbel Awni Shamoon dalam kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023).  Timnas U-20 I

Dony tampil impresif saat dipercaya tampil sebagai starter di sisi flank kiri dalam membantu pertahanan maupun saat bertahan. Dony diyakini akan semakin berkembang sebagai salah satu wing back terbaik Timnas Indonesia di masa depan.

Jika Pratama Arhan urung bergabung, nama Dony Tri Pamungkas layak untuk menggantikan sang senior.

7. Daffa Fasya Sumawijaya
Dari posisi penjaga gawang, terdapat nama Daffa Fasya Sumawijaya. Kiper Borneo FC itu tampil reguler sejak turnamen mini jelang Piala Asia U-20 lalu. Dari tiga laga turnamen mini, Daffa hanya sekali absen, yakni kala Timnas Indonesia U-20 dikalahkan Selandia Baru U-20 dengan skor 1-2.

Pada Piala Asia U-20 2023, posisi Daffa di bawah mistar tidak tergantikan. Tak hanya langganan starter, Daffa juga tampil apik selama di Piala Asia U-20 Uzbekistan. Dari tiga laga, Daffa hanya dua kali kebobolan.

Daffa juga mencatat dua cleansheet beruntun di dua laga terakhir Timnas Indonesia U-20. Padahal gawangnya digempur habis-habisan oleh Suriah U-20 dan Uzbekistan U-20 yang akhirnya menjadi juara Piala Asia U-20 2023 lalu.

Topik Menarik