Mesut Ozil Resmi Gantung Sepatu!

Mesut Ozil Resmi Gantung Sepatu!

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 23 Maret 2023 - 00:19
share

POJOKJATENG.C OM Sebuah kabar mengejutkan datang dari dunia sepakbola internasional. Mantan playmaker Real Madrid dan Arsenal, Mesut Ozil mengumumkan gantung sepatu, Rabu (22/3/2023).

Nama Mesut Ozil mulai mencuat ke publik berkat penampilan apiknya bersama timnas Jerman pada Piala Dunia 2010 silam. Hal ini membuat raksasa La Liga, Real Madrid memboyongnya dari Werder Bremen.

Ozil tampil luar biasa di Real Madrid, menjadi pelayan setia bagi bomber Los Galacticos yang berisi Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Gonzalo Higuain.

Hanya tiga musim membela panji Los Blancos, Ozil terbang ke London untuk membela Arsenal. Ia bertahan di klub meriam London selama 8 musim. Sayang, karirnya bersama The Gunners berakhir pahit, ia terbuang dari skuad utama pada musim terakhirnya.

Kala itu, sejumlah pihak menduga Ozil dibekukan dari skuad, karena suara lantangnya yang membela kaum muslim Uyghur karena penindasan di China. Pada awal 2021, ia pulang kampung ke Fenerbahce. Kemudian, ia pindah di musim selanjutnya ke Istanbul Basaksehir yang menjadi klub profesional terakhirnya.

Di timnas Jerman, Ozil menjalani laga debutnya pada pertandingan persahabatan melawan Norwegia, 11 Februari 2009. Ia semakin dikenal publik saat terpilih dalam skuat Jerman pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan membawa Jerman menjadi juara 3.

Pada Piala Dunia 2014 di Brazil, Ozil menjadi salah satu pilar penting dalam membawa pulang trofi paling bergengsi di dunia sepakbola itu. Pada laga final melawan Argentina, ia bermain selama 120 menit sebelum digantikan Per Mertesacker.

Seperti halnya di klub, nasib Ozil juga berakhir antiklimaks akibat munculnya foto ia bersama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan saat proses Pemilu Turki. Akibatnya, ia mendapatkan kritik tajam dari publik Jerman dengan serangan rasisme hingga mundur dari timnas usai Piala Dunia 2018 lalu.

Pada hari ini, Ozil yang telah berusia 34 tahun, memutuskan untuk mundur total dari dunia sepakbola profesional. Ia mengumumkan hal ini melalui akun Twitter @M10.

Setelah pertimbangan yang matang, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari sepak bola profesional, tulis Ozil.

Saya memiliki privilese untuk menjadi pemain sepak bola profesional selama hampir 17 tahun sekarang dan saya merasa sangat berterima kasih atas kesempatan itu. Namun, dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, setelah menderita beberapa cedera, semakin jelas bahwa inilah saatnya untuk meninggalkan panggung besar sepak bola, imbuhnya.

Topik Menarik