Meski Terkendala Pupuk, Bupati Lamongan Pastikan Stok Beras  Aman

Meski Terkendala Pupuk, Bupati Lamongan Pastikan Stok Beras  Aman

Nasional | BuddyKu | Minggu, 12 Februari 2023 - 22:42
share

LAMONGAN, iNews.id - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi kembali melakukan sidak. Kali ini Dengan mengendarai motor trail, Minggu (12/2), orang nomer satu dikota soto itu berkeliling bersama Dandim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf meninjau langsung persiapan panen raya padi di area persawahan di Kecamatan Sugio. Hal ini dilakukannya guna penguatkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Lamongan.

Kita melihat area persawahan yang beberapa hari ini akan panen padi. Harga beras juga sudah mulai stabil. Dulu bisa mencapai 12.000/kg sekarang ditingkat petani harga beras rata-rata 9.500/kg. Kemarin mahal karena stoknya menipis. Sekarang mendekati musim panen raya, bahkan di beberapa wilayah sudah panen, ucap Pak Yes saat meninjau tanaman padi di area persawahan Dusun Gebangan Desa Kalitengah Kecamatan Sugio.

Bahkan, Pak Yes memastikan, ketersediaan pangan utamanya pasokan beras menjelang Ramadhan dan Idhul Fitri di Lamongan aman.

Kita yakin ketersediaan pangan di Lamongan terutama mendekati bulan suci Ramadhan dan lebaran Idhul Fitri dipastikan aman. Bahkan di beberapa tempat yang kita kunjungi tadi hasilnya bagus, meskipun begitu yang masih menjadi kendala sampai saat ini adalah pupuk. Kami akan terus berupaya pupuk di Lamongan terpenuhi, lanjut Pak Yes.

Dalam lawatannya untuk memastikan ketersediaan beras aman tersebut, Pak Yes juga mengunjungi tempat pengeringan gabah/jagung milik Kades Kalitengah Kecamatan Sugio Fathcul Huda. Meski masih menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya, alat pengeringan gabah ini memiliki kapasitas cukup besar yakni 16 hingga 18 ton perharinya. Sehingga, petani tidak hanya diringankan secara tenaga dan waktu tetapi dapat meningkatkan nilai harga jual gabah yang dimilikinya

Original Source
Topik Menarik