6 Tips atasi rambut lepek pada pria, gunakan dry shampoo

6 Tips atasi rambut lepek pada pria, gunakan dry shampoo

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 8 November 2022 - 16:33
share

Brilio.net - Memiliki rambut yang bersih dan kulit kepala sehat adalah impian bagi kebanyakan orang. Namun seperti diketahui, akibat padatnya aktivitas dan kurang menjaga kebersihan kulit kepala akan membuat kepala rentan mengalami berbagai permasalahan rambut.

Tak hanya wanita, bahkan pria pun kerap kali mengalami permasalahan pada rambutnya. Apalagi produksi minyak dan keringat pada pria yang lebih banyak daripada wanita. Hal tersebut membuat rambut pria rentan mengalami lepek. Kondisi rambut terlihat kempis dan berminyak inilah yang jika tidak dirawat dengan baik bisa menimbulkan masalah baru, seperti ketombe, rambut terlihat kusam, bahkan menyebabkan kulit kepala bau apek.

Inilah alasan mengapa perawatan rambut untuk pria juga penting dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan rambut, mencegah rambut lepek, sekaligus membuat tampilan tetap menarik. Tak perlu harus pergi ke barbershop untuk melakukan perawatan rambut, kamu tetap bisa melakukannya di rumah dengan mudah.

Ketahui juga penyebab rambut menjadi lepek dan cara mengatasi rambut lepek agar pencegahan bisa dilakukan dengan baik. Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan tanpa disadari ternyata bisa menjadi penyebab rambut lepek pada pria, diantaranya yaitu, malas keramas, cuaca, terlalu banyak menggunakan produk styling rambut, sampo yang tidak sesuai, hingga aktivitas yang terlalu padat.

Setelah mengetahui penyebab rambut lepek ini, simak juga enam tips mengatasinya agar rambut bisa lebih sehat dan berkilau. Seperti yang telah briliobeauty.net rangkum drari berbagai sumber berikut ini, Senin (7/11).

1. Mengatur waktu keramas.

foto: freepik.com

Hal yang paling penting dan perlu kamu perhatikan adalah menjaga kebersihan rambut. Untuk mengatasi rambut lepek, sebaiknya atur waktu keramas setiap dua hari sekali. Jangan keramas setiap hari karena kandungan bahan yang terdapat pada sampo akan merangsang kulit kepala untuk memproduksi minyak atau sebum lebih banyak. Jika dilakukan terlalu sering maka produksi minyak di kulit kepala menjadi tidak terkontrol serta menyebabkan rambut semakin lepek.

2. Pilih sampo yang sesuai.

foto: freepik.com

Pilih produk sampo yang sesuai dengan kebutuhanmu, jika kulit kepala mudah berminyak gunakan sampo anti-ketombe dan buat kamu yang rambutnya mudah rontok, sebaiknya pilih sampo anti-rontok. Buat pria yang suka pakai helm, sebaiknya pilih sampo dengan kandungan menthol yang akan memberi sensasi segar pada rambut.

Kamu sebaiknya lebih teliti dalam memilih produk sampo yang akan dipakai terutama bagi yang memiliki masalah rambut lepek. Pilih sampo untuk jenis rambut lepek dengan kandungan bahan yang sanggup menutrisi kulit kepala, membantu membersihkan kotoran, dan mengontrol produksi sebum di kulit kepala. Setelah keramas, pastikan untuk membilasnya hingga bersih agar tidak ada sisa sampo yang menempel dan menimbulkan masalah pada rambut.

3. Pastikan helm dalam kondisi bersih dan kering.

foto: freepik.com

Jika kamu termasuk pria yang selalu berkendara menggunakan sepeda motor, pastikan rambut dan helm yang akan kamu pakai dalam kondisi bersih dan kering, ya. Sebagai pilihan lainnya, kamu bisa melapisi rambut dengan menggunakan hair cap sebelum memakai helm. Dengan begini, rambut tetap bersih dan tidak lembap. Sehingga meski sering berkendara, rambut tetap lembut dan terhindar dari lepek.

4. Ganti gaya rambut.

foto: freepik.com

Mengganti gaya rambut dipercaya bisa mengatasi rambut lepek para pria. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti belahan rambut atau mengubah gaya potongan rambut yang belum pernah dicoba sebelumnya. Selain bisa membuat tampilan jadi lebih segar, cara ini juga bisa dilakukan untuk menghindari rambut lepek. Tak hanya itu, bagi kamu yang kerap kali membiarkan rambut panjang atau gondrong, bisa mencoba potongan rambut yang lebih pendek untuk mengurangi tampilan rambutmu yang lepek.

5. Batasi penggunaan produk styling rambut.

foto: freepik.com

Menggunakan produk styling rambut secara berlebihan, seperti gel rambut, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya juga dapat meningkatkan risiko rambut lepek dan rusak pada pria. Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan dan penampilanmu. Jadi, sebisa mungkin batasi penggunaan produk rambut saat merapikan atau menyisir rambut. Jika tetap ingin menggunakan produk rambut, hindari memilih kandungan keras untuk rambut. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan rambut hingga benar-benar bersih setelah penggunaan produk styling rambut, apalagi setelah beraktivitas seharian.

6. Gunakan dry shampoo.

foto: freepik.com

Jika kondisi mendesak dan tidak memungkinkan untuk keramas, dry shampoo merupakan pilihan tepat mengatasi rambut lepek. Dry shampoo sendiri biasanya tersedia dalam kemasan botol semprot, yang dibuat dengan bahan dasar alkohol atau pati. Kedua kandungan ini saat disemprotkan ke rambut bisa menyerap minyak, sehingga membuatnya terlihat lebih bersih. Jangan lupa untuk segera mencuci rambut hingga bersih menggunakan sampo khusus pria ketika berada di rumah agar rambut jadi bersih dan sehat.

RECOMMENDED

6 Tips simpel atasi rambut lepek saat tak sempat keramas

7 Cara detoks rambut secara alami agar sehat, pakai mentimun

7 Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu, cegah kusut dan rontok

8 Tips merawat rambut bleaching agar tetap sehat, gunakan hair oil

8 Tips merawat rambut panjang agar tak mudah rontok, rutin trimming

Topik Menarik