Israel Marah Trio Eropa Akui Negara Palestina, Tarik Dubes dari Irlandia, Spanyol, dan Norwegia

Israel Marah Trio Eropa Akui Negara Palestina, Tarik Dubes dari Irlandia, Spanyol, dan Norwegia

Berita Utama | sindonews | Kamis, 23 Mei 2024 - 10:39
share

Pemerintah Zionis Israel marah atas keputusan trio Eropa; Irlandia, Spanyol, dan Norwegia mengakui Negara Palestina yang merdeka mulai 28 Mei 2024. Sebagai protes, rezim Zionis menarik duta besar (dubes)-nya dari tiga negara tersebut.

“Ini akan menjadi negara teroris. Mereka akan mencoba mengulangi pembantaian tanggal 7 Oktober lagi dan lagi; kami tidak akan menyetujui hal ini,” kesal Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, seperti dikutip Jerusalem Post, Kamis (23/5/2024).

“Kejahatan ini tidak dapat diberikan kepada sebuah negara,” lanjut Netanyahu dalam pesan video yang dikeluarkan beberapa jam setelah pemimpin dari trio Eropa tersebut mengeluarkan pesan terkoordinasi yang mendukung Negara Palestina dengan pengakuan resmi mulai berlaku pada 28 Mei 2024.

Pemimpin trio Eropa tersebut berpendapat bahwa langkah seperti itu diperlukan, mengingat tidak adanya proses perdamaian dan mengingat penderitaan rakyat Palestina dalam perang Gaza.

Baca Juga: AS Menentang Pengakuan Sepihak 3 Negara Eropa atas Negara Palestina

Perdana Menteri Irlandia Simon Harris mengatakan: “Hamas bukanlah rakyat Palestina. Keputusan hari ini untuk mengakui Palestina diambil untuk membantu menciptakan masa depan yang damai.”

Dia mengklarifikasi bahwa pengakuan tersebut merupakan isyarat kepada rakyat Palestina, yang memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri.

“Keputusan ini diambil untuk mendukung solusi dua negara, yang merupakan satu-satunya cara untuk menghentikan siklus kekerasan yang terjadi selama beberapa generasi,” ujarnya.

Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas berterima kasih kepada Harris karena mengambil langkah berani ketika keduanya berbicara, menjelaskan bahwa dia berharap hal itu akan menginspirasi negara-negara lain untuk mengeluarkan pernyataan pengakuan serupa.

Utusan Palestina untuk PBB Riyad Mansour mengatakan; “Gelombang Eropa ini diharapkan akan diikuti oleh gelombang lainnya yang memungkinkan Palestina diakui sebagai negara anggota ke-194 PBB.”

Inggris, Australia, dan anggota Uni Eropa; Malta dan Slovenia, telah mengindikasikan dalam beberapa bulan terakhir bahwa mereka akan segera melakukan langkah serupa.

PM Netanyahu dan pemerintahannya telah menentang pembentukan negara Palestina sebelum perang pecah di Gaza.

Mereka berpendapat bahwa Otoritas Palestina sudah mendukung teror dan penghancuran Israel dan oleh karena itu, tidak dapat menjadi mitra perdamaian.

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz menulis di X selama kunjungannya ke Paris: “Israel tidak akan tinggal diam dalam menghadapi orang-orang yang merusak kedaulatannya dan membahayakan keamanannya.”

“Keputusan hari ini mengirimkan pesan kepada Palestina dan dunia: Terorisme ada akibatnya,” tulis Katz.

Israel khawatir negara-negara Barat lainnya akan mengikuti trio Eropa tersebut, yang menurut rezim Zionis akan membuat Hamas merasa simpati internasional terhadap mereka sehingga semakin mempersulit upaya untuk mendapatkan kesepakatan pembebasan 128 tawanan yang tersisa.

“Langkah terdistorsi yang dilakukan negara-negara ini merupakan ketidakadilan dalam mengenang para korban 7/10, sebuah pukulan terhadap upaya pemulangan 128 sandera, dan dorongan bagi Hamas dan kelompok jihadis Iran, yang melemahkan peluang perdamaian dan mempertanyakan hak Israel untuk membela diri,” tulis Katz.

Duta Besar Irlandia, Spanyol, dan Norwegia akan dipanggil ke Kementerian Luar Negeri Israel pada hari Kamis untuk mendapatkan teguran keras.

Untuk memprotes pengumuman trio Eropa tersebut, Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir melakukan kunjungan pertamanya ke kompleks Masjid al-Aqsa di Temple Mount Yerusalem, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Al-Haram Al-Sharif.

Ben Gvir berdiri dengan Dome of the Rock (Kubah Batu) sebagai latar belakang, menyatakan, “Kami bahkan tidak akan mengizinkan deklarasi Negara Palestina.”

Dia menekankan bahwa situs tersebut, yang merupakan situs tersuci dalam Yudaisme dan tersuci ketiga dalam Islam, “hanya milik Negara Israel”.

Topik Menarik