Sejarawan Tolak Usulan Jadikan Soeharto sebagai Pahlawan Nasional, Ini Alasannya

Sejarawan Tolak Usulan Jadikan Soeharto sebagai Pahlawan Nasional, Ini Alasannya

Berita Utama | inews | Kamis, 23 Mei 2024 - 04:40
share

JAKARTA, iNews.id - Sejarawan Indonesia, Bonny Triyana menolak usulan untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada Presiden RI ke-2 Soeharto. Hal ini justru mengesampingkan semangat reformasi.

"Rencana untuk menjadikan Soeharto pahlawan. Ini kan pembacaan politik yang harus kita lawan, harus kita waspadai," kata Bonny usai menghadiri acara diskusi 26 Tahun Gerakan Reformasi bertajuk 'Antara Kenyataan dan Harapan' yang digelar di Jalan Diponogoro, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024).

Menurutnya, cara-cara yang sangat otoriteristik di masa lalu tidak boleh lagi terulang. Oleh karena itu, dia mengajak seluruh rakyat Indonesia menolak usulan memberikan gelar pahlawan nasional kepada Soeharto.

Bonny menilai kemunculan usulan ini sengaja untuk membuat rakyat Indonesia menjadi lupa apa yang pernah dialami selama masa orde baru. Hal ini juga menjadikan orang-orang abai terhadap apa yang terjadi pada masa itu.

"Bahkan melupakan reformasi itu sendiri. Dalam arti ketika praktik negara itu menyimpang dari cita-cita reformasi, ya kita harus sama-sama berteriak dan melawan," katanya.

Topik Menarik