Review Film Exhuma yang Berhasil Raup 10 Juta Penonton Tercepat di 2024

Review Film Exhuma yang Berhasil Raup 10 Juta Penonton Tercepat di 2024

Berita Utama | inews | Kamis, 9 Mei 2024 - 03:30
share

JAKARTA, iNews.id - Review film Exhuma masih menjadi perbincangan hangat sampai saat ini. Film bergenre horor tersebut digarap oleh sutradara Korea Selatan, Jang Jae Hyun dan sukses mendapat berbagai pujian dari kritikus film.

Dibintangi oleh Choi Min-sik, Lee Do-hyun, dan Kim Go-eun, Exhuma berhasil menduduki peringkat pertama di box office selama 31 hari berturut-turut dan meraih 10 juta penonton tercepat pada 2024 di negara asalnya, menurut laporan laman Soompi. Film ini sekaligus menjadi film horor okultisme Korea pertama yang mampu mendulang 10 juta penonton.

Di Indonesia, film ini bahkan mampu meraup 7 juta penonton. Dengan segala pencapaian tersebut, sutradara, Kim Go-eun, hingga Lee Do-hyun diganjar penghargaan dari Baeksang Arts Awards 2024, yang merupakan ajang penghargaan bergengsi di industri film, drama dan teater di Korea Selatan.

Review Film Exhuma

Melansir dari laman South China Morning Post, Rabu (8/5/2024), film Exhuma bercerita tentang para dukun yang diminta untuk memberi bantuan spiritual demi melindungi ahli waris sebuah keluarga yang baru lahir dari gangguan hal-hal mistis. Film ini dibuka di Amerika Serikat, di mana dukun terkenal bernama Hwa-rim (Kim Go-eun) dan Bong-gil (Lee Do-hyun) dipekerjakan oleh pengusaha real estate untuk menelusuri sumber hal mistis tersebut.

Hal inilah yang membawa kedua dukun tersebut kembali ke makam leluhur keluarga yang ada di Korea dengan meminta bantuan ahli Fengshui, Kim Sang-duk. Setelah menggali kuburan, terungkap hal tidak menyenangkan dan tanda-tanda aneh di nisan.

Film yang mengeksplorasi ideologi antara agama dan ritual ini dianggap mirip dengan film karya Na Hong-Jin, The Wailing (2016) dan film William Friedkin, The Exorcist (1973). Meskipun demikian, skenario yang cerdas dan kaya detail membuat Exhuma lebih unggul dari film horor konvensional

Kisah ini menyelami sejarah Korea yang rumit dan mengungkap setan-setan yang telah lama terkubur dan terus menghantui sebuah keluarga dan orang-orang Korea lainnya. Selain itu, entitas dunia lain yang meresahkan dan bersembunyi di balik relung tergelap masa lalu sebuah keluarga digambarkan dengan sangat luar biasa.

Itulah review film Exhuma. Semoga bermanfaat. 

Topik Menarik