Penjelasan Jokowi soal Rencana usai Tak Lagi Jadi Presiden

Penjelasan Jokowi soal Rencana usai Tak Lagi Jadi Presiden

Berita Utama | inews | Selasa, 7 Mei 2024 - 11:36
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri jabatannya pada Oktober 2024 mendatang. Dia tidak menjelaskan secara gamblang rencananya usai pensiun.

"Akan berlabuh di pelabuhan," ujar Jokowi sambil tertawa usia meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024).

Jokowi sebelumnya sering dikaitkan menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Jokowi pun berkelakar bahwa dirinya dirinya hanya menjadi Ketua Indonesia.

"Saya sementara ini Ketua Indonesia saja," kata Jokowi, Kamis (21/4/2024).

Jokowi juga sempat disorot awak media karena mengenakan dasi kuning ketika hendak berangkat ke Tokyo Jepang dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Sejumlah petinggi Golkar yang mengatakan dasi kuning Jokowi menandakan kepala negara nyaman dengan partai tersebut. "Pak, memakai dasi kuning maknanya apa? Tumben, Pak, pakai dasi kuning," tanya wartawan saat itu.

Mendengar pertanyaan wartawan, Presiden Jokowi yang sudah akan mengakhiri sesi keterangan pers mendadak memegang dasinya. Jokowi pun tersenyum dan memberikan jawaban.

"Masa enggak tahu (artinya)?" ujar Jokowi.

Topik Menarik