Ahmad Dhani dan Fuad Bisa Jadi Pesaing Eri-Armuji, Popularitasnya Hampir Sama, Ini Hitungannya

Ahmad Dhani dan Fuad Bisa Jadi Pesaing Eri-Armuji, Popularitasnya Hampir Sama, Ini Hitungannya

Berita Utama | surabaya.inews.id | Selasa, 7 Mei 2024 - 06:50
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pasangan Eri Cahyadi-Armuji mulai mendapat pesaing baru. Ahmad Dhani dan Fuad Bernadi menjadi sosok yang dinilai mampu menandingi pasangan incumbent tersebut di Pemilihan Wali Kota Surabaya. 

Lembaga survei We Insitute mengungkapkan Ahmad Dhani dan Fuad Bernadi memiliki popularitas yang tinggi yang cocok menjadi penantang Eri Cahyadi sebagai Bacawali di Pilwali Kota Surabaya. Hal ini lantaran popularitas Ahmad Dhani dan Fuad Bernadi hanya setingkat di bawah Eri-Armudji.

Direktur WE Institut Sugeng Siswanto mengungkapkan, nama Ahmad Dhani dan Fuad berada di urutan ketiga dan keempat dengan tingkat popularitas yang tidak kalah dibanding Eri-Armudji.

“Sosok Eri Cahyadi menjadi tokoh paling popular, paling disukai, dan paling banyak dipilih dalam pertanyaan elektabiltas meninggalkan tokoh lain yang berpotensi menjadi pesaingnya,” kata Sugeng saat konferensi pers, Senin (6/5/2024).

Ia juga menyebut, hasil survei ini telah dilakukan mulai tanggal 17- 27 April 2024 dengan sampel responden tersebar secara proposional pada 100 kelurahan dari seluruh 31 Kecamatan di Kota Surabaya. Dari 16 nama yang disodorkan, popularitas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendapatkan 99,80 persen, peringkat kedua ada Armuji dengan 98,49 persen, disusul Ahmad Dhani 90,4 persen, dan Fuad Bernadi 46,50 persen. 

 

Sementara tokoh-tokoh yang memiliki tingkat popularitas di bawah 40 persen, ada Ketua DPC Demokrat Surabaya Lucy Kurnasiari 39,20 persen, Machfud Arifin 37,40 persen, Azrul Ananda 34,80 persen. Lalu ada Tom Liwafa 33 persen, M Soleh 26,20 persen, Reni Astuti 23,40 persen, Musyafak Rouf  15,70 persen dan lainnya.

Sugeng menyampaikan hasil survey juga menunjukan Eri Cahyadi menjadi tokoh yang paling banyak mendapat dukungan untuk kembali menjadi Wali Kota Surabaya periode 2024.

“Eri Cahyadi  61,80 persen disusul oleh Armuji dengan presentase 10 persen. Tokoh lainnya mendapatkan presentase di bawah 10 persen, seperti 3.40 persen dan Tom Liwafa 2 persen,” ujarnya.

Sementara Armuji justru mendapatkan dukungan sebesar 52.90 persen untuk kembali menjadi wakil walikota disusul oleh Fuad Bernadi dengan presentase 10 persen. Sedangkan, tokoh lainnya mendapatkan presentase di bawah 10 persen.

Di tempat yang sama, Manajer Riset WE Institut Aprilia Susanti menambahkan alasan hasli survei menunjukkan Ahmad Dhani termasuk tokoh populer karena merupakan musisi terkenal atau artis pentolan Dewa-19.

Apalagi Ahmad Dhani juga merupakan Caleg terpilih DPR Jatim dapil Sidoarjo-Surabaya 2024-2029 dan pastinya sudah dikenal saat melakukan kampanye.  

“Ahmad Dhani juga sudah turun ke masyarakat saat kampanye di beberapa kecamatan dan masyarakat sudah familiar,” kata Aprilia. 

Diketahui, metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1000 responden yang dipilih menggunakan sampel acak bertingkat (motitistage random sampling) dengan Margin of Error (MoE) 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Topik Menarik