3 Alasan Iran Berani Serang Israel Besar-Besaran

3 Alasan Iran Berani Serang Israel Besar-Besaran

Berita Utama | okezone | Kamis, 25 April 2024 - 18:02
share

IRAN - Ratusan rudal dan drone telah diluncurkan oleh Iran dengan targetnya yaitu Israel pada Sabtu (13/04/2024). Motif dibalik serangan ini adalah sebagai bentuk pembalasan Iran terhadap Israel karena telah menyerang konsulat Iran di Damaskus, Suriah.

Serangan ini menjadi serangan pertama kalinya Iran akhirnya menyerang Israel secara langsung dengan menggunakan pesawat tak berawak atau drone setelah bertahun-tahun menjadi musuh bebuyutan dan melakukan perang bayangan.

Berikut 3 alasan mengapa Iran berani menyerang Israel secara besar-besaran dikutip berbagai sumber: 

1. Pembalasan Atas Serangan di Damaskus

Mengutip Carnegie Endowment for International Peace, pada tanggal 1 April, Israel menyerang konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus dengan menggunakan jet tempur F-35 yang meluncurkan enam rudal. Aksi Israel ini menewaskan Jenderal Mohammad Zahedi yang merupakan mantan kepala pasukan darat Garda Revolusi Iran (IRGC).

Walaupun Israel dan Iran sudah sering melakukan serangan balasan di wilayah tersebut, namun serangan Israel kali ini jelas melanggar hukum internasional karena menyerang kompleks diplomatik yang dianggap sebagai wilayah Iran. Ditambah dengan kematian seorang jenderal berpangkat tinggi akibat serangan tersebut menunjukkan adanya potensi pelanggaran intelijen.

Iran tidak bisa membiarkan serangan Israel terjadi secara terus menerus yang dapat mengakibatkan korban militer tambahan. Para pejabat Iran banyak yang berpendapat bahwa tindakan Israel ini harus dilawan, memberi sedikit peringatan bahwa Iran tidak akan tinggal diam jika terdapat serangan Israel di masa mendatang. Sikap menahan diri Iran banyak dikecam oleh faksi-faksi garis keras Iran karena tidak secara efektif melawan serangan Israel di Suriah.

Dengan alasan inilah kemudian Iran bermaksud mengirimkan pesan melalui serangan balasan mendatang bahwa Iran tidak akan bersedia lagi menoleransi agresi Israel dan siap untuk terlibat dalam konfrontasi langsung demi mencegah serangan di masa depan.

Topik Menarik