Head to Head: Timnas Indonesia U-23 Belum Pernah Menang Lawan Korea Selatan

Head to Head: Timnas Indonesia U-23 Belum Pernah Menang Lawan Korea Selatan

Berita Utama | bandungraya.inews.id | Selasa, 23 April 2024 - 14:50
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Setalan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024, pada Jumat (26/4/2024) mendatang.

Pertandingan yang akan berlangsung Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium itu, akan menentukan siapa yang berhak lolos melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

Lantas, bagaimana head to head Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan?

Tercatat, Korea Selatan masih superior bagi Timnas Indonesia U-23. Bagaimana tidak, dari enam kali pertemuan kedua tim, semuanya dimenangkan oleh sang Negeri Ginseng tersebut.

Sejak bertemu pertama kali pada tahun 1991, Korea Selatan telah mencetak total 20 gol. Sedangkan Timnas Indonesia U-23 hanya mampu mencetak tiga gol dari keenam pertemuan itu.

 

Pada pertemuan pertama di 24 Maret 1991, Korea Selatan menang telak 5-0 atas Timnas Indonesia dalam suatu laga uji coba. Dua hari berselang, Korea Selatan kembali mengalahkan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 3-1.

Pertemuan berikutnya adalah pada kualifikasi Olimpiade 1996 zona Asia pada 25 Mei 1995. Pada saat itu, Korsel menang tipis 2-1. Pada kesempatan yang sama 22 Agustus 1995, Korsel U-23 menang lagi 1-0 atas Timnas Indonesia U-23.

Kemudian, dalam kualifikasi Olimpiade 2000 zona Asia yang digelar 29 Mei 1999, Korea Selatan menghajar Timnas Indonesia U-23 dengan skor telak 7-0.

Pertemuan terakhir Tmnas Indonesia U-23 dengan Korea Selatan adalah pada 23 Juni 2018 di laga uji coba, dengan Korea Selatan menang 2-1.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-23 saat ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat. Bisa jadi, pertemuan ketujuh antar kedua tim menjadi momentum kebangkitan Timnas Indonesia U-23.

 

Ditambah lagi, skuad Garuda kini memiliki banyak amunisi, termasuk di antaranya adalah pelatih Shin Tae-yong. Sang juru taktik asal Korea Selatan itu pernah menjadi pelatih Timnas Korsel baik di level senior maupun U-23.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa bangga atas permainan dan semangat juang para pemain yang punya nyali lebih untuk menang.

"Upaya besar kita benar-benar membuahkan hasil. Banyak kerja keras dan nyata yang kita lakukan bersama. Mulai dari hentikan Liga, pendekatan ke klub-klub luar negeri agar mau melepaskan pemain kita, dan belum lagi drama wasit di laga pertama melawan Qatar. Alhamdulillah. Hasil tidak akan jauh dari usaha keras bersama," ucap Erick Thohir di Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024).

Erick Thohir juga secara khusus mengapresiasi perjuangan para pemain di lapangan. Menurutnya, nyali tinggi para pemain, membuat para pemain tampil tanpa beban, permainan berkelas dan terus menekan sehingga menang. 

"Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin juat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga," imbuhnya.

Topik Menarik