Harapkan Hak Angket Pemilu 2024 Masih Bergulir, Cak Imin: Sebagai Evaluasi Perbaikan

Harapkan Hak Angket Pemilu 2024 Masih Bergulir, Cak Imin: Sebagai Evaluasi Perbaikan

Berita Utama | okezone | Selasa, 23 April 2024 - 15:00
share
 

JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masih berharap hak angket kecurangan pemilihan umum (Pemilu) masih bergulir di DPR RI. Hak angket perlu dilakukan sebagai evaluasi pesta demokrasi agar berjalan lebih baik.

"Saya dari PKB tentu amat sangat berharap angket itu berjalan. Karena disitu kita bisa membangun sistem pemilu yang lenih konprehensif," kata Cak Imin di Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Menurut dia, Indonesia ke depan masih memiliki harapan untuk melaksanakan Pemilu yang lebih baik lagi dibandingkan Pemilu 2024. Harapan itu, lanjutnya, bisa dicapai melalui adanya evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kalau kita serahkan dalam proses dalam pembuatan Undang-Undang Pemilu maka kita tidak pernah belajar dari berbagai kesalahan kegagalan dalam pelaksanaan Pemilu 2024," imbuhnya.

Dia menilai bahwa hak angket tetap dibutuhkan dengan syarat tidak menyerang atau mengkritisi pemerintah, tapi bagaimana membangun sistem Pemilu yang lebih baik dengan belajar dari kesalahan pada Pemilu 2024.

Harapan hak angket, menurut Cak Imin, masih sangat tinggi, tetapi lolos tidaknya hak angket tersebut sangat bergantung terhadap kemauan politik anggota DPR RI.

"Harapan besar untuk angket itu tinggi. Tetapi tentu kami akan berjuang soal hasil apakah lolos atau tidak sebelumnya tergantung pada anggota kita DPR RI. Itu semua kita tahu pemetaan di DPR kaya gimana," ucapnya.

Topik Menarik