4 Risiko yang Dihadapi Israel jika Melakukan Serangan Balasan ke Iran

4 Risiko yang Dihadapi Israel jika Melakukan Serangan Balasan ke Iran

Berita Utama | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 16:56
share

Israel bersumpah untuk membalas Iran, berisiko memperluas perang bayangan antara kedua musuh tersebut menjadi konflik langsung setelah serangan Iran pada akhir pekan yang mengirimkan ratusan drone dan rudal ke arah Israel.

Para pejabat Israel belum mengatakan bagaimana atau kapan mereka akan melakukan serangan. Namun ketika negara-negara di seluruh dunia mendesak Israel untuk menahan diri dan ancaman perang multi-front meningkat, jelas bahwa serangan langsung Israel ke wilayah Iran akan menimbulkan dampak besar.

Iran mengatakan pihaknya melakukan serangan tersebut untuk membalas serangan udara Israel yang menewaskan dua jenderal Iran di Suriah pada tanggal 1 April. Iran berjanji akan memberikan tanggapan yang lebih keras terhadap setiap serangan balik Israel di wilayahnya.

Ketika Israel fokus pada perangnya melawan Hamas di Gaza, dan setiap hari memerangi militan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon, AS telah mendesak Israel untuk menahan diri.

Para pejabat AS mengatakan Presiden Joe Biden telah mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa AS tidak akan ikut serta dalam tindakan ofensif apa pun terhadap Iran, dan presiden tersebut sangat jelas kepada Netanyahu bahwa kita harus berpikir secara hati-hati dan strategis mengenai risiko-risiko eskalasi tersebut.

Kabinet perang Israel telah menghabiskan dua hari terakhir untuk memperdebatkan langkah selanjutnya. Berikut beberapa pertimbangan yang menjadi kunci keputusan mereka.

4 Risiko yang Dihadapi Israel jika Melakukan Serangan Balasan ke Iran

1. Meningkatkan Isolasi Israel

Foto/AP

Melansir AP, keberhasilan pertahanan udara Israel pada Sabtu malam yang dilakukan bersama-sama dengan AS, Inggris, Prancis dan Yordania memberi negara itu dukungan dan simpati internasional yang singkat setelah berbulan-bulan meningkatnya isolasi internasional atas perang Gaza. Serangan enam bulan tersebut telah menewaskan hampir 34.000 warga Palestina, menurut pejabat kesehatan setempat, dan menimbulkan bencana kemanusiaan.

Koalisi mitra internasional membantu Israel mempertahankan diri secara efektif. Militer Israel mengatakan 99 senjata berhasil dicegat, dan hanya sedikit yang mencapai wilayah udara Israel. Serangan tersebut hanya menimbulkan kerusakan ringan dan melukai satu orang: seorang gadis berusia 7 tahun.

Koalisi ini bekerja di bawah kepemimpinan Komando Pusat AS, yang mengawasi pasukan Amerika di wilayah tersebut. Ia bekerja sama dengan Israel dan negara-negara Arab moderat untuk membentuk front persatuan melawan Iran.

Yordania, sebuah negara yang sebagian besar penduduknya pro-Palestina, bergabung dalam upaya tersebut, meskipun berselisih dengan Israel terkait perang di Gaza, dan menyebut partisipasi mereka sebagai bentuk pembelaan diri.

Tampaknya bantuan juga datang dari kekuatan regional Arab Saudi, yang tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel. Peta yang dirilis Israel menunjukkan banyak rudal Iran terbang melalui wilayah udara Saudi.

Israel sangat berhati-hati untuk tidak mengidentifikasi mitra Arabnya, namun seorang pejabat angkatan udara Israel, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas misi tersebut, mengatakan bahwa pesawat tempur Israel perlu terbang timur Israel untuk menembak jatuh rudal.

2. Mengganggu Koalisi Israel dengan Arab Saudi, Yordania, dan Uni Emirat Arab

Foto/AP

Yoel Guzansky, peneliti senior di Institute for National Security Studies, sebuah wadah pemikir di Tel Aviv, mengatakan Israel akan mempertaruhkan niat baik ini jika bertindak sendiri.

Israel dapat mengambil keuntungan dari hal ini dan membeli banyak kredit saat ini, jika mereka tidak melancarkan serangan balasan besar-besaran, katanya. Tetapi jika ia menyerang, banyak keuntungan yang hilang.

Dukungan diam-diam dari negara-negara Arab tidak berarti mereka akan membantu Israel dalam melakukan serangan balik terhadap Iran. Setiap respons udara atau rudal selain rudal balistik yang melintasi wilayah udara negara-negara tetangga dan bukan melewatinya akan memerlukan penerbangan melintasi negara-negara sekitarnya, yang secara teknis mengharuskan Israel mendapatkan izin dari negara-negara tetangga Arab tersebut, kata Daniel Byman, peneliti senior di Center for Strategic and International yang berbasis di Washington. Studi.

Dengan Arab Saudi dan Yordania, ada pertanyaan tentang rute dan akses, dalam hal apakah mereka akan memberikan izin penerbangan kepada Israel.

Dari sudut pandang Iran, hal itu akan dilihat sebagai tindakan permusuhan, kata Byman. Dan meskipun negara-negara ini tidak menyukai Iran, mereka tidak terlalu ingin terlihat berada di pihak Israel yang melakukan hal tersebut.

3. Takut Menghadapi Perang Multi-front

Foto/AP

Serangan balasan besar-besaran di wilayah Iran berisiko memicu perang regional skala penuh, sehingga respons apa pun harus diperhitungkan dengan cermat.

Serangan langsung ke wilayah Iran hampir pasti akan mengakibatkan serangan balik yang brutal dan berisiko mendorong Hizbullah untuk melancarkan serangan lebih lanjut. Kelompok Lebanon yang didukung Iran memiliki persenjataan yang jauh lebih kuat daripada Hamas, namun sejauh ini menunjukkan keragu-raguan untuk terlibat dalam perang habis-habisan.

Sekitar 60.000 warga di Israel utara terpaksa mengungsi dari rumah mereka karena bentrokan yang sedang berlangsung dengan Hizbullah. Pertempuran yang lebih sengit kemungkinan akan memaksa mereka menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah.

Konflik langsung juga akan semakin melemahkan militer Israel, menghilangkan fokusnya dari Gaza, dan menghambat perekonomian Israel yang lelah akibat perang.

Setiap serangan besar-besaran di wilayah Iran juga dapat melemahkan dukungan AS yang lemah terhadap perang tersebut.

Dua pejabat AS mengatakan Israel belum memberi tahu AS bagaimana mereka akan menanggapi hal ini. Namun para pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk menjelaskan diskusi diplomatik, mengatakan Israel telah memberi isyarat bahwa apa pun yang dilakukannya akan dirancang untuk mencegah memburuknya situasi keamanan regional yang sudah tegang. Hal ini bisa mengarah pada tindakan yang lebih terbatas, seperti serangan terhadap proksi Iran di seluruh kawasan atau serangan siber terhadap Iran.

Tamar Hermann, pakar jajak pendapat di Institut Demokrasi Israel, mengatakan sebagian besar warga Israel mendukung tindakan militer selama hal itu dikoordinasikan dengan sekutu regional, termasuk Amerika Serikat.

Jika hal ini dilakukan tanpa konsultasi dan tanpa kesepakatan dengan sekutu dukungan akan jauh lebih kecil, kata Hermann.

4. Kapasitas Militer Israel Belum Teruji Melawan Iran

Foto/AP

Tentara Israel jauh lebih unggul dibandingkan tentara lain di kawasan ini. Israel memiliki berbagai persenjataan berteknologi tinggi, termasuk pesawat tempur F35 yang dapat meluncurkan amunisi jarak jauh. Para ahli mengatakan mereka memiliki kemampuan untuk menyerang langsung Iran atau proksinya di wilayah tersebut.

Fabian Hinz, pakar senjata dan peneliti di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan angkatan udara Iran bahkan tidak sebanding. Dia mengatakan pasukan tersebut terdiri dari kumpulan pesawat dari tahun 1980an dan 90an, beberapa di antaranya berasal dari masa pemerintahan Shah Mohammad Reza Pahlavi yang memerintah negara tersebut hingga tahun 1979.

Sejauh mana sistem pertahanan udara republik Islam tersebut kurang diketahui, katanya. Hindz menambahkan, banyak lokasi rudal dan instalasi nuklir Iran berada jauh di bawah tanah, sehingga sulit untuk diserang. Israel mungkin juga memerlukan persetujuan negara-negara Teluk Arab untuk menggunakan wilayah udara mereka sesuatu yang tidak dijamin.

Saya tidak berpikir ini akan menjadi serangan Israel skala penuh terhadap banyak sasaran di seluruh Iran, kata Raz Zimmt, peneliti senior lainnya di INSS Israel. Ini mungkin akan terbatas pada satu atau dua, mungkin di Iran.

Topik Menarik