Deretan Rudal dan Drone Digunakan Iran Serang Israel, Ada yang Tak Bisa Dicegat

Deretan Rudal dan Drone Digunakan Iran Serang Israel, Ada yang Tak Bisa Dicegat

Berita Utama | inews | Selasa, 16 April 2024 - 04:05
share

TEHERAN, iNews.id - Media Iran mengungkap rudal dan drone yang digunakan untuk menyerang wilayah Israel pada akhir pekan lalu. Pemerintah Iran sejauh ini belum mengungkap drone dan rudal yang digunakan, namun militer Israel menyebut jumlahnya sekitar 320 unit.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengungkap, Iran menyerang dengan menggunakan 120 rudal balistik, 30 rudal jelajah, dan 170 drone.

Stasiun televisi Iran Press TV melaporkan, peluncuran rudal dan drone didahului dengan serangan siber terhadap radar dan sistem jaringan listrik Israel yang menyebabkan pemadaman.

Disebutkan, drone kamikaze yang dikerahkan Iran adalah Shahed-136. Drone ini memiliki ciri khas bentuk sayap delta dan diklaim sulit terdeteksi radar kerena kemampuan terbang rendah. Shahed-136 bisa menjelajah 2.000 km dan membawa bom seberat hingga 50kg.

Press TV melaporkan, Iran juga menggunakan rudal balistik jarak menengah Kheibar Shekan. Namun tak diketahui berapa unit Kheibar Shekan yang diluncurkan. Rudal tersebut mampu membawa hulu ledak hingga 500 kg.

Laporan media lain, Kantor Berita Mehr, mengungkap Iran meluncurkan beberapa rudal hipersonik Fattah, senjata tercanggih saat ini, yang memiliki jangkauan hingga 1.400 km. Rudal Fattah diklaim mampu menghindari sistem pertahanan udara karena melesat beberapa kali lebih cepat dari kecepatan suara serta kemampuan manuvernya yang tinggi.

Mehr juga menyebut Iran menggunakan rudal Khorramshahr-4 dengan jangkauan 2.000 km serta bisa membawa hulu ledak 1.500 kg.

Fabian Hinz, pengamat militer Iran dari Institut Internasional untuk Studi Strategis di Berlin, Jerman, berpendapat serangan tersebut juga melibatkan rudal jelajah Paveh 351 yang memiliki jangkauan 1.650 km.

Topik Menarik