Duh, Pria Ini 238 Kali Ikut Pileg dan Pilkada tapi Tak Pernah Menang

Duh, Pria Ini 238 Kali Ikut Pileg dan Pilkada tapi Tak Pernah Menang

Berita Utama | inews | Kamis, 11 April 2024 - 01:03
share

NEW DELHI, iNews.id - Seorang pria di India dijuluki sebagai Raja Pemilu karena selalu gagal dalam pemilihan anggota legislatif (pileg) maupun pemilihan kepala daerah (pilkada). Tak tanggung-tanggung, pria bernama K Padmarajan telah mengikuti 238 pemilu namun tak sekali pun menang.

Tak heran jika pria Padmarajan tak hanya dijuluki sebagai Raja Pemilu, tapi juga Pecundang Pemilu Terbanyak di Dunia.

Pria 65 tahun asal Negara Bagian Tamil Nadu itu mengikuti ratusan kali pemilu dalam 30 tahun terakhir. Uang senilai ribuan dolar AS dia habiskan hanya untuk biaya pendaftaran selama periode tersebut, belum termasuk kampanye.

Prestasi terbaik yang diraihnya adalah memperoleh 6.273 suara dalam pemilu anggota legislatif DPRD Kota Mettur pada 2011. Dia tertinggal jauh dari pemenang pertama yang memperoleh 75.000 lebih suara. Dari Capaian itu semakin mempertebal keyakinan Padmarajan bahwa suatu saat dia bisa menang.

Namun sampai saat ini keberuntungan belum berpihak kepadanya. Padmarajan pun mengubah tujuannya dengan menegaskan kemenangan bukan tujuan utamanya. Sifat menerima kekalahan menjadi tujuan utamanya.

Semua kandidat mengincar kemenangan dalam pemilu, saya tidak, kata Padmarajan, dikutip dari Oddity Central.

Setelah 238 kali kalah, lanjut Padmarajan, dia hanya ingin melanjutkan kekalahan beruntunnya. Tahun ini, dia akan mengikuti pemilu ke-239, kali ini memperebutkan kursi anggota legislatif di Distrik Dharmapuri, Tamil Nadu.

Padmarajan pertama kali mengikuti pemilu pada 1998, saat itu mencalonkan diri untuk kepala daerah Mettur. Dia sadar betul tidak punya peluang untuk menang, melainkan sekadar menunjukkan kepada orang-orang bahwa siapa pun bisa mencalonkan diri.

Selama periode itu, Padmarajan pernah kalah dalam pemilu melawan tokoh-tokoh penting seperti Narendra Modi yang kini menjabat perdana menteri (PM) serta beberapa PM India sebelumnya seperti Atal Bihari Vajpayee dan Manmohan Singh.

Kini dia berbagi pengalaman kepada orang lain. Padmarajan berharap bisa menginspirasi orang lain agar mau mengikuti jejak kegagalannya. Dia ingin orang lain memiliki sifat tekun dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dia sudah memberikan ceramah kepada mahasiswa mengenai ketahanan dan bagaimana cara mengatasi kegagalan.

Topik Menarik