10 Adab Sebelum Shalat Idul Fitri

10 Adab Sebelum Shalat Idul Fitri

Berita Utama | medan.inews.id | Selasa, 9 April 2024 - 00:45
share

MEDAN, INewsMedan.id - Kaum Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri pada 1 Syawal 1445 Hijriah bertepatan padaRabu 10 April 2024.

Namun sebelum Shalat Idul Fitri ada 10 adab perlu diperhatikan Muslim adalah sebagai berikut:

1. Disunnahkan untuk mandi sebelum berangkat shalat Idul Fitri
Mandi ketika itu disunnahkan.
Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, seseorang pernah bertanya pada Ali mengenai mandi. Ali menjawab, Mandilah setiap hari jika kamu mau. Orang tadi berkata, Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan? Ali menjawab, Mandi pada hari Jumat, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri. (HR. Al-Baihaqi, 3: 278. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al-Irwa, 1: 177)
.
2. Berpakaian Bagus dan Rapih
Ada riwayat yang disebutkan dalam Bulughul Maram no. 533 diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam memiliki baju khusus di hari Jum'at dan di saat beliau menyambut tamu. (Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Adab Al-Mufrad)

3. Makan Sebelum Shalat Ied
Dari Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata,
.
- -
.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa berangkat shalat Ied pada hari Idul Fitri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat Ied baru beliau menyantap hasil qurbannya. (HR. Ahmad 5: 352.
.
4. Memakai Wewangian Bagi Lelaki
Memakai minyak wangi bagi laki-laki hukumnya sunnah. Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:
.
:
.
Aku dikarunia rasa cinta dari dunia kalian: wanita dan wangi-wangian dan dijadikan shalat sebagai penyejuk mataku (HR. An Nasai no. 3879 dan Ahmad no. 11845).
.
5. Jalan Kaki ke Tempat Shalat Ied
Dianjurkan berjalan kaki sampai ke tempat shalat dan tidak memakai kendaraan kecuali jika ada hajat. Dari Ibnu Umar, beliau mengatakan,
.
- - .
.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ied dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang dengan berjalan kaki. (HR. Ibnu Majah no. 1295)

6. Bertakbir Menuju Tempat Shalat Ied
Dalam suatu riwayat disebutkan,
.

.
Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa keluar hendak shalat pada hari raya Idul Fitri sambil bertakbir sampai di lapangan dan sampai shalat hendak dilaksanakan. Ketika shalat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dari 5bertakbir. (Dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 2/1/2.
.
7. Shalat Ied Berjamaah di Tanah Lapang
Shalat Ied disunnahkan dilakukan berjamaah. Akan tetapi, shalat Ied berjamaah bukan jadi syarat untuk shalat Ied, artinya masih dibolehkan shalat Ied sendirian.
.
8. Mendengarkan Khutbah
Rasulullah shallallahualaihi wa sallam bersabda :

.
Aku saat ini akan berkhutbah. Siapa yang mau tetap duduk untuk mendengarkan khutbah, silakan ia duduk. Siapa yang ingin pergi, silakan ia pergi. (HR. Abu Daud no. 1155 dan Ibnu Majah no. 1290).
.
9. Mengucapkan Tahniah
Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berjumpa dengan hari Ied (Idul Fitri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, Taqabbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian). Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. (Fath Al-Bari, 2: 446)
.
10. Pulang Melalui Rute Berbeda
Dari Jabir radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika berada di hari Ied (ingin pergi ke tempat shalat, pen.), beliau membedakan jalan antara pergi dan pulang. (HR. Bukhari, no. 986)
.

Topik Menarik