Waspada, Hong Kong Temukan Kasus Pertama Virus B yang Mematikan dari Gigitan Monyet

Waspada, Hong Kong Temukan Kasus Pertama Virus B yang Mematikan dari Gigitan Monyet

Berita Utama | inews | Selasa, 9 April 2024 - 12:30
share

JAKARTA, iNews.id - Hong Kong baru saja melaporkan temuan kasus pertama Virus B yang menjadi peringatan kesehatan. Virus langka dan mematikan itu telah menginfeksi seorang pria berusia 37 tahun.

Melansir dari Daily Mail menyatakan, pada akhir Februari lalu, pria tersebut sedang mengunjungi Kam Shan Country Park atau yang juga dikenal sebagai bukit monyet. Saat hendak memberikan makan monyet liar di sana, dia malah diserang monyet tersebut.

Awalnya dia sempat mengalami demam dan penurunan kesadaran. Kemudian dilarikan ke UGD untuk diperiksa lebih lanjut terkait kondisinya. Hasil pemeriksaan cairan dari tulang belakangnya dinyatakan positif mengandung virus B.

Pria tersebut sempat berada di unit perawatan intensif di Rumah Sakit Yan Chai, Hong Kong. Dia pun sempat dalam kondisi kritis pada Kamis lalu. Namun kini kondisinya dikabarkan sudah sedikit membaik.

Dia telah dirawat di rumah sakit sejak 21 Maret yang lalu. Virus B ini sangat jarang terjadi, namun dapat menyebabkan kerusakan otak parah atau kematian jika tidak ditangani dengan cepat.

Sedangkan menurut laporan dari The Standard, Pejabat Senior Konservasi Fauna di Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi, Shek Chung-tong mengatakan, pengunjung yang datang ke taman perdesaan harus menjaga jarak dari monyet liar. Selain itu, pengunjung juga harus menghindari kontak mata langsung dengan mereka, serta menjaga makanan di kantong plastik dalam ransel besar.

Shek Chung-tong mengimbau apabila seseorang bersentuhan dengan monyet atau kotorannya, mereka harus segera mencuci tangan dengan sabun dan air.

Jika terjadi gigitan atau cakaran monyet, penting untuk membersihkan lukanya dan mencari pertolongan medis sesegera mungkin, kata Shek Chung-tong.

Shek Chung-tong mengungkap, populasi monyet di Hong Kong saat ini berjumlah sekitar 2.000 ekor, sementara sekitar 80 hingga 100 monyet telah disterilkan setiap tahun sejak 2007, dan sekitar 70 persen dari total populasi telah disterilkan.

Berdasarkan dari kasus tersebut, Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi bertujuan untuk meningkatkan angka tersebut menjadi 100-120 monyet per tahun untuk lebih mengendalikan populasi mereka.

Tak cuma itu, dia pun berencana untuk mengeluarkan larangan tegas untuk memberi makan hewan liar ke seluruh Hong Kong, departemen tersebut telah memperkuat upaya penegakan hukumnya.

Topik Menarik