Layani Mudik Perdana, 115.000 Tiket Kereta Cepat Whoosh Jakarta - Bandung Terjual 

Layani Mudik Perdana, 115.000 Tiket Kereta Cepat Whoosh Jakarta - Bandung Terjual 

Berita Utama | inews | Selasa, 9 April 2024 - 11:32
share

JAKARTA , iNews . id - Kereta Cepat Whoosh Jakarta - Bandung untuk pertama kalinya melayani penumpang saat mudik Lebaran 2024. Layanan perdana sepur kilat itupun diklaim diminati masyarakat yang mudik dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya.

Begitupun Stasiun Whoosh Padalarang di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat yang perdana melayani pemudik lebaran. Mayoritas penumpang turun di stasiun tersebut yang dilanjutkan menggunakan Kereta Api Feeder menuju Stasiun Bandung atau angkutan lainnya.

"Jadi penumpang dari Halim sekitar 70 persen turun di Padalarang dan melanjutkan menggunakan feeder ke Stasiun Bandung," kata Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti saat dihubungi, Selasa (9/4/2024).

Dia membeberkan pada masa angkutan mudik, libur hingga arus balik lebaran tahun ini tercatat sudah ada sekitar 115.009 tiket yang sudah terjual. Jumlah pemesanan itu menurut Emir akan terus bergerak karena setiap harinya masih ada yang melakukan pemesanan.

"Secara total itu pemesanan dari 3-18 April sudah ada 115.000 tiket pada masa angkutan lebaran, angkanya masih terus bergerak. Kalau yang sudah naik menggunakan kereta cepat dimasa angkutan lebaran sampai tanggal 8 April sudah 70.000," kata Emir.

Untuk mengantisipasi membludaknya penumpang pada momen mudik lebaran ini, PT KCIC sudah menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh sejak 3 hingga 18 April 2024. Awalnya, perjalanan Kereta Cepat Whoosh hanya 40 kali per hari. Namun khusus momen ini ditambah 12 kali sehingga menjadi 52 kali perjalanan dalam sehari.

Kereta Cepat Whoosh sendiri akan beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Stasiun Halim - Stasiun Tegalluar dan pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Stasiun Tegalluar - Stasiun Halim.

"Untuk mengantispasi peningkatan jumlah penumpang dimasa angkutan lebaran ini KCIC akan mengoperasikan sebanyak 40 perjalanan Whoos reguler dan ditambah 12 perjalanan Whoos tambahan. Jadi ada peningkatan sekitar 30 persen dari jadwal reguler sehingga total KCIC akan melakukan 52 perjalanan," kata Emir.

Emir melanjutkan dengan bertambahnya jadwal perjalanan, waktu antara Kereta Cepat Whoosh di jam sibuk mencapai hingga 25 menit baik dari arah Jakarta - Bandung maupun sebaliknya. Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat sudah berada di stasiun 30 menit sebelum keberangkatan.

Sebab jika ketinggalan perjalanan Kereta Cepat Whoosh maka tiketnya tidak bisa digunakan lagi atau hangus. "Jarak antarjadwal itu 25 menit sekali. Kalau penumpang ketinggalan hangus. Jadi 30 menit harus sudah datang, gate ditutup 5 menit sebelum keberangkatan," kata Emir.

Topik Menarik