5 Masjid Paling Cantik Lokasinya Ada di Rest Area, Wajib Singgah saat Perjalanan Mudik!

5 Masjid Paling Cantik Lokasinya Ada di Rest Area, Wajib Singgah saat Perjalanan Mudik!

Berita Utama | inews | Selasa, 9 April 2024 - 11:04
share

JAKARTA, iNews.id - Mudik sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia saat menjelang Lebaran. Ketika melakukan perjalanan jauh, tentu Anda akan singgah ke berbagai rest area untuk beristirahat, makan dan juga salat.

Seperti namanya, rest area menjadi tempat istirahat para pengendara yang melakukan perjalanan jauh. Apalagi saat mudik Lebaran seperti sekarang ini, banyak para pemudik yang melakukan istirahat, mulai dari makan hingga menjalankan ibadah salat.

Saat akan beribadah, para pemudik biasanya mencari masjid atau musala yang bersih dan nyaman. Hampir semua rest area menyediakan masjid, namun hanya beberapa rest area yang memiliki masjid dengan bangunan yang cantik dan unik.

Selain istirahat dan beribadah, Anda juga bisa berfoto dengan bangunan yang menarik. Berikut deretan masjid tercantik di rest area, dirangkum pada Selasa (9/4/2024).

1. Masjid Al Safar

Masjid Al Safar berada di rest area KM 88 jalan tol Cipularang. Uniknya, masjid ini didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat masih menjabat. Masjid ini memiliki desain yang modern dan futuristik.

2. Masjid Ar-Rahman

Masjid Ar-Rahman berada di Rest Area Km 66 Jalan Tol Pandaan-Malang. Bangunan masjid ini tampak cantik dan unik karena berbentuk trapesium. Masjid ini memiliki konsep terbuka dengan bagian dinding ini terdapat tiga lapisan di satu sisi dan sisi yang lain berlapis dua, sekaligus berfungsi sebagai atap. Memiliki konsep outdoor pastinya udara di masjid ini begitu sejuk.

3. Masjid Sabilul Istiqomah

Masjid tercantik lainnya adalah Masjid Sabilul Istiqomah, di rest area KM 379A jalan tol Batang-Semarang. Masjid ini memiliki bangunan yang berbentuk bulat melingkar menyerupai stadion. Pada struktur bulat melingkar itu terdapat lafadz Allah SWT.

4. Masjid Ar-Rayhan

Masjid Ar-Rayhan terletak di Rest Area KM 13,5 Jalan Tol Tangerang menuju ke arah Serang. Bangunan ini tampak unik karena nyaris tanpa dinding yang membuat hawa di dalam masjid sejuk.

5. Masjid Saka Buana

Kalau Anda melakukan perjalanan melalui tol Tangerang-Merak jangan lupa mampir ke Masjid Saka Buana. Bangunan Masjid Saka Buana memiliki 60 persen material berkonsep alam yakni bambu. Selain unik, masjid ini memberikan nuansa kearifan lokal yang sangat kental. Bikin berasa kayak di rumah.

Topik Menarik