Korban Tewas Kapal Feri Tenggelam di Mozambik Tembus 100 Orang

Korban Tewas Kapal Feri Tenggelam di Mozambik Tembus 100 Orang

Berita Utama | inews | Selasa, 9 April 2024 - 06:10
share

MAPUTO, iNews.id - Korban tewas akibat kapal feri tenggelam di Mozambik, Senin (8/4/2024), menembus 100 orang. Selain itu hampir 20 lainnya masih hilang.

Presiden Mozambik Filipe Nyusi mengungkapkan rasa sedihnya atas tragedi tersebut seraya memerintahkan menteri perhubungan untuk mengunjungi pulau lokasi kecelakaan dan segera melakukan penyelidikan.

Pemerintah Mozambik akan mengadakan pertemuan besok untuk menilai situasi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meminimalisasi dampak insiden ini, demikian pernyataan kantor presiden, Senin.

Seorang pejabat dari Lembaga Perhubungan Laut Mizambik (INTRASMAR) mengatakan kapal yang membawa 130 penumpang itu sejatinya adalah kapal penangkap ikan yang tak memiliki izin untuk mengangkut penumpang. Apalagi, kapal tersebut diketahui beroperasi dengan kelebihan muatan.

Kapal nahas tersebut membawa penumpang asal Lunga, Provinsi Nampula, menuju Pulau Mozambik pada Minggu. Mereka meninggalkan daerah itu untuk menghindari wabah kolera.

Lourenco Machado, pejebat INTRASMAR, mengatakan laporan awal menunjukkan bahwa kapal tersebut dilanda gelombang pasang.

Tim penyelamat mengevakuasi 10 orang dalam kondisi selamat, sementara hampir 20 orang masih hilang.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan banyak jenazah terdampar di pinggir pantai.

Mozambik dan beberapa negara Afrika Selatan lainnya tengah berjuang melawan wabah kolera sejak 2023. Data pemerintah Mozambik mengungkap negara itu mencatat 15.051 kasus kolera sejak Oktober, sebanyak 32 di antaranya meninggal.

Topik Menarik