Hindari Minuman Berenergi dan Kopi saat Mudik, Ternyata Ini Dampak yang Mengintai!

Hindari Minuman Berenergi dan Kopi saat Mudik, Ternyata Ini Dampak yang Mengintai!

Berita Utama | inews | Senin, 8 April 2024 - 14:50
share

JAKARTA, iNews.id - Melakukan perjalanan mudik, tentu dibutuhkan fisik kuat dan stamina yang fit. Maka itu, menjaga kesehatan sangat diperlukan.

Panjangnya perjalanan menuju kampung halaman membutuhkan stamina yang prima agar selamat sampai tujuan. Beragam cara bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama mudik. Namun, kebanyakan orang justru menggunakan minuman berenergi untuk membantu stamina tetap fit.

Hal tersebut rupanya perlu dihindari. Praktisi Kesehatan, dokter Ngabila Salama justru mengimbau para pemudik menghindari minuman berenergi. Dia mengungkap adanya bahaya jika terlalu banyak mengonsumsi minuman berenergi, khususnya untuk menjaga stamina saat mudik.

"Jangan pakai minuman berkemasan, berenergi, atau teh dan kopi dengan gula tinggi ya, tidak baik untuk kesehatan. Kalau pun teh atau kopi tidak perlu pakai gula atau less sugar saja, kata Ngabila saat dihubungi, Senin (8/4/2024).

Dokter Nabila mengatakan, minuman tersebut mengandung kafein tinggi dan bisa berdampak buruk pada tubuh bila dikonsumsi terus menerus seperti saat mudik. Dia mengatakan, minuman tersebut bisa memicu seringnya buang air kecil hingga dehidrasi.

Karena teh dan kopi juga bersifat diuresis yang memicu sering kencing sehingga berpotensi kurang cairan atau dehidrasi saat berpuasa, katanya.

Adapun cara yang lebih sehat untuk menjaga stamina saat mudik Lebaran, salah satunya yaitu dari pola hidup sehat dan makan makanan sumber vitamin seperti sayur, buah, rempah-rempah, hingga jamu.

Jamu yang dapat diminum rutin setiap hari dan untuk stamina, antiradang, antioksidan tinggi untuk mencegah penyakit seperti, jahe merah, beras kencur, kunyit asam, empon-empon, dan lain-lain, kata Ngabila.

Bila mengharuskan, Anda bisa melakukan suntik vitamin untuk menjaga stamina tetap fit saat mudik. Cara ini lebih ampuh dan lebih baik dibanding harus mengonsumsi minuman berenergi selama di perjalanan.

"Tapi dalam kondisi khusus seperti mudik dan kondisi mudah drop, vitamin bisa didapat dari disuntik atau dikonsumsi rutin per hari seperti vitamin C dan vitamin D3, katanya.

Topik Menarik