Menhub Sebut Pemudik Jalur Darat Naik 13 Persen pada Tahun Ini

Menhub Sebut Pemudik Jalur Darat Naik 13 Persen pada Tahun Ini

Berita Utama | inews | Senin, 8 April 2024 - 13:20
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bahwa pemudik jalur darat pada lebaran tahun ini mengalami kenaikan rata-rata 13 persen. Meski terjadi peningkatan lalu lintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga 23 persen, namun menurutnya tidak terjadi kemacetan.

"Saya terima kasih lagi dengan Pak Menko PMK yang mengkoordinir kami, TNI/Polri dan semua stakeholder disana, di Cipali sekalipun ada satu hari naik 23 persen tetap tidak terjadi kemacetan, average kenaikan tahun ini 13 persen," ujar Budi Karya kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

"Kenaikan-kenaikan di sektor darat itu biasanya tidak lebih dari 5 persen, 2 atau 3 persen, tahun ini kan 13 persen dan satu hari itu 23 persen," tuturnya.

Selain itu, Budi Karya mengatakan, arus mudik dengan transportasi kereta api berjalan dengan baik. Menurutnya, tidak ada penumpukan pemudik yang terjadi di stasiun.

"Kalau di kereta api kan dia punya tiket dia datang dua jam sebelumnya, kalau ini ada yang belum (punya) tiket bahkan jalannya besok pagi dia datang," ucapnya.

Kemenhub sebelumnya membeberkan potensi pemudik di Lebaran tahun ini. Survei yang dilakukan Menhub memprediksi ada 193 juta orang melakukan mudik Lebaran tahun dengan 28,4 juta di antaranya berasal dari Jabodetabek.

Topik Menarik