Mudik Lewat Jalur Selatan, Perhatikan 3 Titik Kepadatan Ini agar Tidak Terjebak Kemacetan

Mudik Lewat Jalur Selatan, Perhatikan 3 Titik Kepadatan Ini agar Tidak Terjebak Kemacetan

Berita Utama | inews | Senin, 8 April 2024 - 05:20
share

GARUT, iNews.id - Jalur Selatan menjadi salah satu jalan yang dilintasi pemudik menuju Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap hingga Yogyakarta. Terdapat sejumlah titik hambatan arus lalu lintas yang perlu diketahui di jalur ini.

Wakil Direktorat (Wadir) Lalu Lintas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Affandi mengatakan, ada tiga titik rawan kepadatan lalu lintas di jalur ini. Untuk itu, pemudik diimbau mempersiapkan diri agar tetap fit ketika berkendara dalam kondisi padat lalu lintas.

"Titik hambat di jalur selatan ini, yaitu di pasar Limbangan, kemudian pasar Lewo dan pertigaan Malangbong. Ruas di jalan arteri selatan ini dipergunakan masyarakat lokal untuk berbelanja di pasar atau bergerak dari satu titik ke titik lain sehingga menimbulkan crossing di jalur utama," ujar AKBP Edwin saat ditemui di Pos Terpadu Limbangan, Garut Jawa Barat, Minggu (7/4/2024).

Wadirlantas mengungkapkan untuk mengantisipasi kepadatan pihaknya telah memasang barikade di sejumlah titik yang dianggap memicu penghambatan lalu lintas. Mengingat saat ini pemudik menjadi prioritas agar tetap aman dan nyaman di perjalanan.

"Memasang barikade-barikade untuk penyebrang jalan. Alhamdulillah kegiatan pemudik di arteri selatan ini dapat dilancarkan di jalur utamanya," kata Edwin.

Berdasarkan data yang dihimpun Polres Garut di jalur nasional Limbangan arah Malangbong, Minggu (7/4/2024) pukul 19.30 WIB, total kendaraan yang melintas mencapai 114.325 unit. Pergerakan terbesar didominasi sepeda motor yang mencapai 85.626 unit, sementara mobil sebanyak 28.699 unit.

Topik Menarik