Mengenal Penyakit Urtikaria yang Intai Anak-Anak, Ini Penyebabnya

Mengenal Penyakit Urtikaria yang Intai Anak-Anak, Ini Penyebabnya

Berita Utama | okezone | Senin, 8 April 2024 - 03:15
share

MEMASUKI musim pancaroba seperti sekarang ini, berbagai penyakit mudah menyerang anak-anak. Tak hanya batuk pilek, penyakit urtikaria juga banyak menyerang anak-anak.

Hal itu disampaikan oleh Dokter Anak, dr Ardi Santoso melalui postingannya di Instagram. Dia menyebut penyakit urtikaria banyak diderita saat ini.

Urtikaria sedang banyak terjadi, penyebabnya bisa alergi, virus, dan perubahan cuaca, tulis dr Ardi dalam keterangan fotonya sambil menyematkan gambar tubuh orang yang mengalami urtikaria, seperti dikutip dari Instagram @ardisantoso, Senin (8/4/2024).

Dokter Ardi juga membagikan solusi untuk mengatasi penyakit tersebut. Ia menjelaskan sebaiknya hindari pencetusnya, pindah ruangan yang tidak panas dan tidak dingin.

Jangan digaruk untuk mencegah infeksi sekunder. Kasih lotion yang mengandung colloidal oatmeal biar mengurangi rasa gatal atau radang. Dan kandungan ceramide untuk menjaga kelembapan kulit, tuturnya.

Sementara itu, dilansir dari Allergist Find Relief menjelaskan urtikaria atau biduran merupakan bentop merah yang muncul dan menghilang dengan cepat, kemungkinan besar itu bukan gigitan serangga biasa.

Ruam kulit bisa berupa gatal-gatal, dan rasa gatal akibat gatal-gatal bisa berkisar dari ringan hingga parah. Penyakit ini menyerang sekitar 20 persen orang pada suatu waktu dalam hidup mereka.

Penyebab urtikaria

1. Beberapa makanan (terutama kacang tanah, telur, kacang-kacangan dan kerang).

2. Obat-obatan, seperti antibiotik (terutama penisilin dan sulfa), aspirin dan ibuprofen

3. Sengatan atau gigitan serangga

4. Rangsangan fisik, seperti tekanan, dingin, panas, olahraga atau paparan sinar matahari.

5. Lateks

6. Transfusi darah

7. Infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran kemih dan radang tenggorokan

8. Infeksi virus, termasuk flu biasa, mononukleosis menular, dan hepatitis

9. Bulu hewan peliharaan

10. Serbuk sari

11. Beberapa tanaman

Cara mengobati urtikaria

Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi biduran adalah dengan menghindari pemicunya. Kalau kondisi makin para sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih akurat.

Topik Menarik