Tips Atasi Pilek saat Mudik dengan Pesawat Terbang

Tips Atasi Pilek saat Mudik dengan Pesawat Terbang

Berita Utama | okezone | Minggu, 7 April 2024 - 02:30
share

MUDIK lebaran menjadi salah satu hal yang paling dinantikan banyak orang. Berbagai jenis alat transportasi mendadak diserbu oleh masyarakat. Salah satu sarana transportasi yang cukup diminati masyarakat adalah pesawat terbang.

Tidak sedikit dari mereka yang memilih transportasi ini karena menghemat waktu, jadwalnya yang fleksibel, dan tidak bermacet-macetan. Akan tetapi, jika Anda sedang dalam kondisi pilek atau mendadak pilek maka hal ini bisa mengganggu perjalanan mudik. Lantas apa yang harus dipersiapkan?

Untuk itu, Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT), dr Tri Hedianto, Sp.THT-BKL memberikan tips bagi Anda yang ingin mudik lebaran menggunakan pesawat tetapi dalam kondisi pilek.

1. Minum obat pilek

Dokter Tri mengatakan cara pertama seseorang dapat mengatasinya dengan konsumsi obat pilek. Obat pilek yang diminum dapat berupa obat yang dijual bebas. Obat ini bisa Anda konsumsi setidaknya empat jam sebelum pemberangkatan.

Minum obat pilek yang dijual bebas empat jam sebelum berangkat karena tujuannya adalah untuk ngeplongkan rongga hidung, rongga sinus dan tuba eustachius, kata dr Tri, dikutip dari akun TikTok pribadinya @doktertht, Minggu (7/4/2024).

2. Siapkan obat semprot hidung

Membawa obat semprot. Fungsinya adalah untuk melegakan rongga hidung secara instan. Kondisi ini menjadi penting apabila tiba-tiba muncul nyeri di daerah rongga sinus atau sumbatan di telinga yang tidak membaik.

3. Membawa permen

Pastikan ketika Anda berangkat, Anda sudah membawanya untuk dikonsumsi saat di dalam pesawat. Hal ini sangat berguna ketika Anda take off dan landing.

Pastikan membawa permen boleh permen apa aja ya terutama permen karet karena kita harus aktif menelan terutama pada saat take off dan landing, ucap dr Tri.

Topik Menarik