Malam Ini, 50.182 Kendaraan Melintas Jalur Mudik Gentong

Malam Ini, 50.182 Kendaraan Melintas Jalur Mudik Gentong

Berita Utama | okezone | Sabtu, 6 April 2024 - 02:00
share

TASIKMALAYA - Empat hari menjelang lebaran Idul Fitri 2024, volume kendaraan yang melintas jalur mudik Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat mengalami peningkatan. Hal tersebut dicatat oleh petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (6/4/2024).

Sebanyak 50.182 kendaraan melintas dari arah Bandung menuju Tasikmalaya via Jalur mudik Gentong, terhitung mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Dengan rincian 1.372 mobil besar, 1.737 mobil sedang, 22.286 mobil kecil dan 24.787 motor.

Sementara itu, bedasarkan pengamatan MNC Portal Indonesia di SPBU 34.461.16 Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, terlihat lalu lintas masih terbilang ramai lancar. SPBU itu juga dimanfaatkan para pengendara sebagai tempat beristirahat.

Sebelumnya, Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono menyebut, skema one way ataupun contra flow akan diberlakukan secara situasional. Pada sore ini sempat diberlakukan one way untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

"Terkait arus lalin di Jalur Gentong terpantau padat lancar. Dan hari ini sudah dilakukan satu kali one way sekira pukul 14.00 WIB," kata Joko di Pos Terpadu Letter U, Sabtu malam.

Dia mengatakan, penerapan rekayasa arus lalu lintas itu juga melihat dari kepadatan volume kendaraan di jalur Garut. Oleh sebab itu, Joko mengaku akan terus melakukan koordinasi dengan Polres Garut.

"Jadi kalau ada penumpukan kendaraan, kita akan melakukan one way dan kita akan komunikasi dengan Polres Garut," ungkapnya.

Selain memberlakukan one way, kata Joko, pihaknya sudah menyiagakan dan melakukan penebalan personel di titik-titik rawan kecelakaan maupun rawan kepadatan. Para personel yang disiapkan itu siaga selama 24 jam di 48 pos gatur yang telah disediakan.

Topik Menarik