Menteri PUPR: Presiden Terpilih akan Dilantik di Ibu Kota Nusantara

Menteri PUPR: Presiden Terpilih akan Dilantik di Ibu Kota Nusantara

Berita Utama | ttu.inews.id | Sabtu, 6 April 2024 - 09:40
share


JAKARTA, iNewsTTU.id-- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa presiden terpilih berikutnya akan dilantik di Ibu Kota Nusantara (IKN), berdasarkan pertimbangan kesiapan infrastruktur yang sedang dibangun.

Menurut Basuki, saat ini Kementerian PUPR sedang fokus membangun infrastruktur dasar untuk persiapan pemindahan pusat ibu kota yang direncanakan akan dimulai pada bulan Agustus mendatang.

"Pelantikan Presiden (baru) rencana di sana (IKN)," ujar Basuki kepada awak media di Kompleks DPR, pada Selasa (2/4/2024).

Basuki juga menjelaskan bahwa dalam rangkaian kegiatan peringatan 17 Agustus, pidato kenegaraan pada tanggal 16 Agustus masih akan dilakukan di Jakarta. Namun, upacara peringatan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus akan dilaksanakan di IKN.

"Walaupun acara 17 Agustus di IKN, kemungkinan besar pidato kenegaraan tetap dilakukan di sini," tambahnya.

Sementara itu, Basuki mengungkapkan bahwa hingga saat ini, gedung DPR belum termasuk dalam tahap konstruksi di IKN. Bahkan, belum ada rencana pembangunan gedung DPR yang terdaftar dalam proyek-proyek yang direncanakan hingga tahun 2024.

"Data yang saya terima dari Menteri Sekretaris Negara, dari 31 organisasi yang menurut Undang-Undang berada di Ibu Kota, baru 3 yang sudah groundbreaking. Itu BI, BPJS, dan OJK, yang lain belum ada. Seperti DPR, MPR, DPD, itu belum ada (dalam daftar pembangunan)," jelas Basuki.

Meskipun demikian, Basuki menyatakan bahwa kemungkinan pembangunan gedung DPR bisa dimasukkan dalam kajian Feasibility Study sebelum masuk dalam tahap lelang dan proses konstruksi yang dijadwalkan pada tahun 2025 mendatang.

Topik Menarik