Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Berita Utama | purwokerto.inews.id | Jum'at, 5 April 2024 - 19:11
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Prediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 menjadi informasi yang dicari masyarakat yang akan pulang ke kampung halamannya. Apalagi memen Lebaran menjadi aktivitas yang paling dinantikan oleh banyak orang.

Sebab, lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat untuk melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman atau mudik. Maka dari itu, kepadatan arus lalu lintas saat momen Lebaran kerap terjadi setiap tahunnya.

Menurut survei yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diprediksi bahwa jumlah pemudik pada tahun 2024 akan mencapai 193,6 juta orang. Terjadi peningkatan sebesar 60 dari tahun sebelumnya, yaitu 123,8 juta.

Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024?

Prediksi puncak arus mudik lebaran 2024 menurut Kemenhub, Kamis (4/3/2024), diperkirakan bakal terjadi pada 8-9 April 2024. Sedangkan, puncak arus balik lebaran diprediksi akan terjadi pada H+3 Lebaran 2024.

Menurut Korlantas Polri, terdapat beberapa titik rawan kemacetan, seperti di ruas Tol Trans Jawa. Selain itu, terdapat juga beberapa titik penyempitan jalur di KM Tol 47 Cipali, beberapa rest area, dan ruas tol baru antara Cisumdawu dan Cipali.

Selain itu, beberapa titik diperkirakan akan mengalami kemacetan. Contohnya, di jalan arteri Pantai Utara (Pantura). Ada juga kemacetan di pasar tumpah dan perlintasan kereta api.

Pada tahun 2024, sebagian besar pemudik berasal dari Jabodetabek dan melakukan perjalanan mudik ke berbagai tujuan, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebagian dari mereka menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor.

Jalan Tol Trans-Jawa diprediksi akan menjadi jalur yang akan digunakan oleh pemudik yang menggunakan mobil pribadi. Pada tahun 2024 ini, ruas tol baru yang dioperasikan adalah tol Cimanggis-Cibitung ruas Nagrak-Cibitung.

Itulah ulasan terkait prediksi puncak arus mudik lebaran 2024. Semoga informasi ini bermanfaat!

Topik Menarik