Pertama di Dunia, Pasien Transplantasi Ginjal Babi Tinggalkan RS

Pertama di Dunia, Pasien Transplantasi Ginjal Babi Tinggalkan RS

Berita Utama | okezone | Jum'at, 5 April 2024 - 12:13
share

MASSACHUSETTS - Pria pertama yang menerima transplantasi ginjal hasil rekayasa genetika dari babi telah keluar dari rumah sakit (RS).

Pria berusia 62 tahun itu dipulangkan pada Rabu (3/4/2024), dua minggu setelah operasi terobosan di Rumah Sakit Umum Massachusetts (MGH), Amerika Serikat (AS).

Transplantasi organ dari babi hasil rekayasa genetika telah gagal di masa lalu. Namun keberhasilan prosedur ini sejauh ini dipuji oleh para ilmuwan sebagai tonggak sejarah dalam bidang transplantasi.

Berita tersebut dibagikan dalam siaran pers pada Rabu (3/4/2024) oleh MGH, yang merupakan rumah sakit pendidikan terbesar Harvard Medical School di kota Boston, AS.

Dalam rilisnya, rumah sakit mengatakan pasien tersebut, Richard "Rick" Slayman dari Weymouth, Massachusetts, telah berjuang melawan penyakit ginjal stadium akhir dan memerlukan transplantasi organ.

Dokternya berhasil mentransplantasikan ginjal babi yang diedit secara genetik ke dalam tubuhnya melalui operasi selama empat jam pada 16 Maret.

Mereka mengatakan ginjal Slayman sekarang berfungsi dengan baik dan dia tidak lagi menjalani cuci darah.

Dalam sebuah pernyataan, Slayman mengatakan bisa meninggalkan rumah sakit dan pulang ke rumah adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidupnya.

Saya bersemangat untuk kembali menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan orang-orang terkasih, bebas dari beban cuci darah yang telah memengaruhi kualitas hidup saya selama bertahun-tahun, terangnya, dikutip BBC.

Pada 2018, ia menjalani transplantasi ginjal manusia dari donor yang sudah meninggal, namun gagal tahun lalu, dan dokter mengemukakan gagasan tentang transplantasi ginjal babi.

Saya melihatnya bukan hanya sebagai cara untuk membantu saya, tapi cara untuk memberikan harapan bagi ribuan orang yang membutuhkan transplantasi untuk bertahan hidup, lanjutnya.

Topik Menarik