Pentolan KKB Abubakar Kogoya Tewas Tertembak dalam Kontak Senjata dengan Aparat Gabungan di Mimika

Pentolan KKB Abubakar Kogoya Tewas Tertembak dalam Kontak Senjata dengan Aparat Gabungan di Mimika

Berita Utama | kutai.inews.id | Kamis, 4 April 2024 - 22:25
share

JAKARTA, iNewsKutai.id - Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua tewas dalam kontak senjata dengan aparat gabungan TNI dan Polri di Distrik Tembagapura Mimika Papua, Kamis sore (4/4/2024).

Satu di antaranya diketahui merupakan pentolan KKB di Mimika yakni Abubakar Kogoya.

"Ini merupakan keberhasilan aparat gabungan dalam mereduksi kekuatan KKB khususnya di Mimika," kata Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard TH Tampubolon dalam keterangannya, Kamis (4/4/2024).

Kontak tembak bermula ketika anggota KKB menembaki warga di Area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura. Serangan itu membuat para pendulang non karyawan atau masyarakat setempat (Orang Asli Papua) lari ketakutan ke arah Utikini.

Serangan itu kemudian direspons tim gabungan dan membalas tembakan untuk mengamankan warga yang menyelamatkan diri. Menjelang malam, kontak senjata berakhir.

Saat dilakukan penyisiran di lokasi baku tembak, aparat menemukan dua anggota KKB tewas tertembak. Selain itu, satu pucuk pistol juga berhasil diamankan.

"Tidak ada korban dari aparat dalam kontak tembak tersebut. Langkah merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di papua.inews.id

Topik Menarik