Jelang Mudik Lebaran, Pj Wali Kota Bandung Ingatkan 4 Hal Penting Ini

Jelang Mudik Lebaran, Pj Wali Kota Bandung Ingatkan 4 Hal Penting Ini

Berita Utama | bandungraya.inews.id | Kamis, 4 April 2024 - 13:45
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Agar mudik lebaran berjalan aman dan lancar, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengimbau masyarakat untuk memperhatikan 4 hal penting ini.

Yang pertama yakni, rumah yang ditinggalkan mudik harap dititipkan pada pengurus RT dan RW di wilayahnya, maupun petugas keamanan setempat.

"Menjelang hari raya ini saya mengimbau warga yang akan mudik, mohon diberitahukan kepada RT, RW agar keamanan lingkungan bisa antisipasi," kata Bambang, Rabu (3/4/2024).

Kemudian yang kedua, mematikan keamanan di rumah seperti memadamkan listrik, melepas sambungan kompor gas, mengunci dengan aman seluruh pintu dan jendela.

Ketiga, warga juga harus mengecek kondisi laik kendaraan secara detail hingga menyiapkan kotak P3K.

Dan yang keempat, Bambang mengatakan, warga yang mudik dapat menitipkan kendaraan roda empat di kantor-kantor pemerintahan seperti kelurahan, kecamatan, dan kantor Pemerintahan Kota Bandung.

"Kantor pemerintah kota pun bisa jadi tempat penitipan kendaraan roda empat, dan personel dari pemerintah kota kami libatkan juga dalam pengamanan, dari Satpol PP dan dinas perhubungan," ujarnya.

Sementara itu, Pemkot Bandung telah melakukan berbagai upaya untuk dapat menghadirkan pelaksanaan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Di antaranya dengan melakukan pemberian subsidi pangan, penyediaan fasilitas kesehatan, menggelar Gerakan Pangan Murah, pengecekan kelaikan kendaraan umum, pemeriksaan Tera SPBU dan lainnya.

Bambang juga memastikan kondisi ketersediaan dan ketahanan pangan di Kota Bandung aman menghadapi hari raya Idul Fitri.

"Terakhir, dalam waktu yang tidak terlalu lama, 10 hari lagi insya allah menghadapi hari raya Idul Fitri, kondisi ketahanan pangan, ketersediaan pangan aman," pungkasnya.

Topik Menarik